Analisis Keterampilan Membaca Pemahaman pada Materi Teks Berita Siswa SMPN 2 Kwanyar

Main Article Content

Nadia Azkal Uyun

Abstract

Berdasarkan data Program Penilaian Siswa Internasional (PISA), pelajar Indonesia masih meraih nilai rata-rata dengan kategori rendah apabila disejajarkan dengan negara lain dalam literasi membaca. Selain itu, peringkat Indonesia dalam studi most littered nation in the world masih menempati peringkat ke-60 dari 61 negara. Fakta tersebut menunjukkan bahwa keterampilan membaca para pelajar Indonesia harus dianalisis guna mengetahui sejauh mana tingkat keterampilan membaca pemahaman mereka, khususnya pelajar di Daerah Bangkalan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa SMPN 2 Kwanyar. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatiif, yaitu mendeskripsikan data yang berupa angka atau diagram. Instrumen yang dimanfaatkan ialah tes keterampilan membaca dengan jenis pilihan ganda. Teknik analisis data yang dilakukan berupa analisis tingkat keterampilan membaca siswa dan tingkat kesukaran soal yang dikerjakan siswa. Hasil dari penelitian ini ialah siswa SMPN 2 Kwanyar yang dikhususkan pada kelas VII masih mendapat kategori rendah dalam membaca pemahaman teks berita. Soal pada indikator pemahaman literal mendapat kategori mudah, pemahaman inferensial, apresiasi, dan evaluasi dengan kategori sedang, sedangkan reorganisasi mendapat kategori sukar. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi penuh terhadap penelitian yang serumpun tentang keterampilan membaca pemahaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336-2344. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/836/0

Fuadati, H. R. (2023). Penerapan Komik Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Sekolah Dasar Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta].

Gunawan, I. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Jurnal pendidikan, 17(1).

Khotimah, A. K., & Arif Widagdo, S. (2016). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 6(1), 1-10. https://journal.unnes.ac.id/nju/kreatif/article/download/25213/10509

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10. https://plus62.isha.or.id/index.php/kampret/article/download/8/6

Melinia, S., Saputra, H. H., & Oktaviyanti, I. (2019). Identifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada keterampilan membaca pemahaman. Journal of Classroom Action Research, 1(1), 158-163. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/download/2039/1433

Nasrullah, N., & Tawakkal, T. (2021). Peran “Rumah Baca Kolong” dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Dusun Maccini Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 66-72.

Paramita, D. R. W. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansi & Manajemen. Widya Gama Press.

Putri, R. E., Karma, I. N., Husniati, H., & Witono, A. H. (2022). Strategi Guru Kelas dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca pada Peserta Didik di SDN 30 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2173-2180. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/930

Rohmah, N., & Karim, M. B. (2022). Analisis Keterampilan Membaca Bagi Siswa SMA Dan SMK Di Kabupaten Bangkalan. Seminar Nasional Ilmu Terapan,

Sari, D. A. K., & Setiawan, E. P. (2023). Literasi baca siswa Indonesia menurut jenis kelamin, growth mindset, dan jenjang pendidikan: Survei PISA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 1-16. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/3873

Silvhiany, S., Rifai, I., Hafizha, R. A., Isaeni, N., Meliyanti, M., Mayangwuri, S., Panjaitan, F. J., & Nurlaila, R. (2022). Modul 3 : Menggali Informasi, Mengembangkan Diri: Strategi Penguatan Literasi dalam Pembelajaran di SD dan SMP. . Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sudijono, A. (2015). Pengantar statistik pendidikan.

Sujana, N. (2002). Penilaian Hasil Proses Belaja. Remaja Rosdakarya.

Sukma, H. H., Puspita, L. A., & Auliya, H. (2023). Keterampilan Membaca Dan Menulis (Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Tarigan, H. G. (2021). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Yusro, A. C. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas 3 Melalui Media Pembelajaran Komik Digital Di SDN 2 Bandar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2180-2191. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9984