Efektifitas Round Robin dengan Media Digital dalam Pembelajaran Menulis ditinjau dari Kreativitas Siswa

Main Article Content

Triska Purnamalia
Yeyen Yusniar
Iga Putri Fauziyyah

Abstract

Tujuan penelitian ini mengeksplorasi efektivitas penggunaan kombinasi teknik round robin dengan media gambar digital dalam pengajaran menulis, dilihat dari kreativitas siswa. Metode penelitian yang diterapkan adalah eksperimen dengan faktorial 2x2 desain. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Pemulutan. Seluruh populasi dijadiakan sebagai sampel dimana kelas VII.1 sebagai kelas ekperimen dan kelas VII,2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan kuisioner kreativitas dan tes tertulis yang berbentuk essay dan diuji validitas serta reliabilitasnya. Data dianalisis dengan uji-t dan Two Way ANOVA untuk melihat keefektifan teknik round robin dengan menggunakan media gambar digital terhadap peningkatan kemampuan menulis dilihat dari kreativitas siswa. Hasil penelitian. Hasil menunjukkan bahwa teknik round robin dengan media gambar digital dapat meningkatkan kempampuan menulis siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah. Selain itu, teknik round robin dengan media gambar digital lebih efektif dibandingkan dengan Direct Instruction jika ditinjau dari kreativitas siswa. Teknik round robin dengan media gambar digital mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif, bertukar ide dan menstimulasi visual sehingga meningkatkan kualitas siswa. Meskipun kreativitas dan teknik pengajaran secara independen memengaruhi hasil belajar siswa, tetapi interaksi antara kedua variabel tidak signifikan. Pengintegrasian media gambar digital pada teknik round robin sangat membantu siswa yang kreatif meningkatkan kemampuan menulis mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles