Analyzing The Use of Listen-Read-Discuss (LRD) Strategy to Improve Students Reading Comprehension At Grade X Of MA Al-Hidayah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelangsungan pemahaman membaca siswa serta jawaban mereka setelah penggunaan strategi LRD. Strategi LRD adalah alat yang ampuh untuk meningkatkan pemahaman membaca dengan sukses. Penelitian ini berfokus pada penelitian tindakan kelas yang dilakukan di MA Al-Hidayah. Ini memiliki desain kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al-Hidayah. Data berasal dari survei instruktur dan siswa, wawancara, dan observasi lapangan selama pembelajaran. Untuk menganalisis data penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa teknik, antara lain mengakrabkan, mengorganisasikan, mereduksi, menafsirkan, dan mendeskripsikan. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa bersemangat menerapkan teknik LRD untuk meningkatkan pemahaman bacaannya. Teknik LRD membantu dalam mempertahankan perhatian terhadap materi pelajaran, sedangkan teknik mendengarkan dapat membantu siswa memahami konsep yang belum jelas. LRD juga merupakan teknik yang berguna untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Temuannya menunjukkan bahwa pendekatan LRD dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dan menanamkan semangat belajar mengajar dalam diri mereka. Teknik LRD juga diklaim berhasil diterapkan di kelas membaca.
Â
Downloads
Article Details
References
Agus Setiawan. (2014). Using" grasp" strategy to increase students’s reading comprehension ability.
Aprilianto, F., Muizzuddin, M., & Ghufron, Z. (2022). Pengaruh Penggunaan Strategi LRD (Listen-Read-Discuss) dan Penguasaan Kosakata bahasa arab Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 8 MTs Nurul Huda Malangnengah Tangerang.
Dwiono, R. (2017). Listen-Read-Discuss in Teaching and Learning Reading Comprehension : a Case Study of Private. 433–442.
Hasanah, U. (2017). STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA
Luh, N., Listiarini, A., Ayu, G., Sukraningsih, G., & Wulantari, N. P. (2021). THE USE OF LISTEN READ DISCUSS ( LRD ) STRATEGY TO IMPROVE READING COMPREHENSION ON DESCRIPTIVE TEXT TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 3 TABANAN. 2015.
Mita Dewi Putri. (2021). teaching reading comprehension using listen, read, discuss (LRD) Strategy. 1, 1–14.
Nazara, T. V. S., Zebua, E. P., Harefa, T., & Harefa, A. T. (2023). Improving the Students’ Reading Comprehension Through Listen-Read-Discuss (Lrd) Strategy At the Eighth Grade of Smp Negeri 1 Lahewa in 2022/2023.
Nur Faindah Syamsir. (2020). IMPROVING READING COMPREHENSION SKILL THROUGH LISTEN-READ-DISCUSS (LRD) LEARNING STRATEGY OF VIII GRADE AT SMP NEGERI 5 MANDAI IN MAROS REGENCY.
Nurdiansyah, D. M. R., Asyid, S. A., & Parmawati, A. (2019). Using Color Coding To Improve Students’ English Vocabulary Ability. PROJECT (Professional Journal of English Education)
Purwanti, S. E. (2017). the use of LRD (LISTEN, READ, DISCUSS) strategy to improve students reading comprehension of the secondgrade students at SMP N.2 Tembilahan. 1(1), 1–14.
Rachmawati, I. N. (2007). Data Collection in Qualitative Research: Interviews.
Raynaldo, M. T., & Panjaitan, N. B. (2022). Meta Analysis on The Correlation Between Listen-Read-Discuss (L-R-D) and Reading Comprehension.
Revi Permata Sari. (2023). improving students reading comprehension through listen- read-discuss strategy.
Sudibyo, D., Agus Setiawan, & Rahmawati, A. (2020). The Influence of Using Listen-Read-Discuss (LRD) Strategy towards Students’ Reading Comprehension on Narrative Text.
Syafira, N., Surabaya, U. N., Fauzia, N., & Surabaya, U. N. (2023). The Implementation Of Listen , Read , And Discuss ( LRD ) Strategy To Improve Students ’ Reading Comprehension In Recount Text Nur Syafira Nur Fauzia. 3(3).
Syamsir, N. F., Astri, Z., Suhartina, S., & Noer, F. (2021). Improving reading comprehension skill through Listen-Read-Discuss (LRD) learning strategy. Journal of Science and Education (JSE), 1(2), 60–71. https://doi.org/10.56003/jse.v1i2.28
Tawali, T. (2021). Improving Students’ Reading Comprehension Through Listen-Read-Discuss (LRD) Strategy.