Perkembangan semantik pada anak usia 8 tahun

Dona Aji Karunia Putra, Rismaniar Kartini, Pelangi Citra Wafara

Abstract


Bahasa termasuk proses paling berperan di dalam perkembangan seorang anak. Perkembangan bahasa anak sangat dipengaruhi oleh kemampuan bahasa pertama maupun bahasa kedua dan proses tersebut sangat berperan penting dalam berkembangnya seorang anak di dalam kehidupan sosial. Proses berbahasa pada anak memiliki pemerolehan semantik, salah satunya yakni jenis makna. Mengenai hal tersebut, tujuan pada penelitian ini yakni menganalisis perkembangan semantik anak dalam menjawab soal di dalam buku pelajarannya menggunakan teori jenis-jenis makna menurut Chaer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian seorang anak berusia 8 tahun. Data penelitian ini yakni kalimat atau kata yang dilihat dari bagaimana cara anak menjawab soal-soal di buku pelajarannya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat, yakni mencatat soal beserta jawaban anak dalam buku pelajarannya dan mengelompokkan jawaban anak pada jenis-jenis makna. Melalui teknik penelitian tersebut, hasil pembahasan pada penelitian ini membuktikan bahwa pada jawaban anak tersebut terdapat beberapa macam jenis makna, diantaranya: makna leksikal, makna gramatikal, makna referensial, makna non referensial, makna denotasi, dan makna konotasi.


Keywords


Pemerolehan semantik, jenis makna, kajian psikolinguistik, Abdul Chaer.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, V. N. A., Muzammil, A. R. u., & Syahrani, A. Pemerolehan Semantik Pada Anak Usia 7 Tahun di Madrasah Ibtidaiah Negeri 1 Kota Singkawang. . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3).

Bergenholtz, H., & Gouws, R. H. (2012). What is lexicography? Lexikos, 22, 31-42.

Bussmann, H., Kazzazi, K., & Trauth, G. (2006). Routledge dictionary of language and linguistics. Routledge.

Chaer, A. (1990). Pengantar semantik bahasa Indonesia. Rineka Cipta.

Chaer, A. (2003). Psikolinguistik: kajian teoretik. Rineka Cipta.

Cruse, D. A. (1986). Lexical semantics. Cambridge university press.

Ghozali, D. D., & Khoiriyatunnisa, L. (2021). Analisis Morfo-Semantik Penggunaan Istilah Berbahasa Arab dalam Jejaring Sosial Instagram. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 63-79.

Gunawan, F. (2011). Bahasa alay: Refleksi sebuah budaya. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(2), 365-386.

Halid, E. (2019). Analisis Pemerolehan Semantik Anak Usia 5 Tahun: Tinjauan Psikolinguistik. Inovasi Pendidikan, 6(1).

Hartmann, R. R. K., & James, G. (2002). Dictionary of lexicography. Routledge.

Levin, B., & Hovav, M. R. (2017). Morphology and lexical semantics. The handbook of morphology, 248-271.

Nugraha, O. A. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun Kajian Semantik Penyimpangan Tuturan Anak. Kajian Linguistik Dan Sastra, 2(2), 104-110.

Pateda, M. (2001). Semantik Leksikal. RIneka Cipta.

Subuki, M., & Saehudin, A. (2011). Semantik: Pengantar Memahami Makna Bahasa. Transpustaka.

Trask, L. (2014). A student's dictionary of language and linguistics. Routledge.

Trask, R. L., & Trask, R. L. (1999). Key concepts in language and linguistics. Psychology Press.


Article Metrics

Abstract has been read : 2350 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v6i1.11526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats