Peningkatan Hasil Belajar PPKN Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan Pembelajaran Time Token
DOI:
https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i2.7939Keywords:
Time Token, Nilai-nilai Perjuangan, Pancasila, IPS SDAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk memberikan tindakan kepada siswa SD dengan pembelajaran time token dalam pembelajaran PPKN di sekolah dasar. Pembelajaran terkait dengan nilai-nilai perjuangan dalam perumusan Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada 13 siswa kelas IV SDN Durenan 02 Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun. Penelitian ini dilakasnakan dalam dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil tes pada siklus I sebesar 68,46 dan 76,15 pada siklus II. Sedangkan untuk pencapaian ketuntasan belajar individual, siklus I sebesar 69,23% dan siklus II sebesar 92,31%. Ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi memahami nilai-nilai juang dalam perumusan Pancasila melalui pembelajaran time token siswa kelas VI SDN Durenan 02
Downloads
References
Aprilia, L. A., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Kurikulum 2013. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 85-98. doi:https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530
Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2006). Penelitian tindakan kelas. In: Jakarta: Bumi Aksara.
Aziz, A., & Ratmanida, R. (2014). Using A Time Token Strategy To Increase Students’participation In Speaking For Junior High School. Journal of English Language Teaching, 2(2), 30-36.
Kewa, M., Dadi, A. F. P., & Abdullah, A. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PPKn melalui Model Time Token pada Peserta Didik Kelas V SD GMIT Ende 4. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 102-115.
Khofiatun, K., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 984-988.
Lazim, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Materi Pengertian Ruang Dan Interaksi Antar Ruang dengan Metode Time Token pada Siswa Kelas VII. A SMPN 3 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1).
Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71-94. doi:https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-9
Mertler, C. A. (2009). Action research: Teachers as researchers in the classroom: Sage.
Mølstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National curricula in Norway and Finland: The role of learning outcomes. European Educational Research Journal, 15(3), 329-344.
Morelent, Y. (2015). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Gramatika, 1(2), 79634. doi:https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234
Mulyadin, M. (2016). Implementasi kebijakan pembelajaran tematik terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauffman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Edutama, 3(2), 31-48.
Ningsih, K. A. M. P., & Putra, M. (2020). Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Mimbar Ilmu, 25(3).
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.
Nurhayati, F., & Utami, S. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Model Time Token IPS Kelas IV SD Negeri 06 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(5).
Nurlindasari, E. (2018). Pengaruh Time Token Arends Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(7).
O'Connor, K. A., Greene, H. C., & Anderson, P. J. (2006). Action Research: A Tool for Improving Teacher Quality and Classroom Practice. Online Submission.
Perwitasari, A., & Abidin, Z. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pkn Melalui Model Time Token Arends Dengan Media Audio Visual. Joyful Learning Journal, 3(1).
Samsiyah, S., Hanif, M., & Parji, P. (2020). Peningkatan Sopan-Santun dan Disiplin melalui Tembang Dolanan pada Siswa TKIT Al Furqon Maospati Magetan. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 5(1), 40-51.
Valentina, O. F., Jampel, N., & Murda, I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Gugus II Kecamatan Seririt. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).