Penggunaan Aplikasi “AMELIA†Pembelajaran dalam Jaringan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah
DOI:
https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i2.7393Keywords:
Knowledge Management, Learning Management System, Amelia Application, Learning Effectiveness in NetworkAbstract
Knowledge Management (Manajemen pengetahuan) merupakan proses rangkaian kegiatan penguasaan teknologi informasi yang tidak lepas dari pengelolaan. Learning Management System atau LMS elektronik sebuah platform untuk penyebaran materi pembelajaran online guna meningkatkan kinerja akademik dengan penyediaan sumber daya berbasis web. Kendala yang sering dihadapi di institusi pendidikan dalam menerapkan E-Learning sistem kurang menyesuaikan dengan kondisi dan tingkat knowledge dari penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi AMELIA (Aplikasi Manajemen Pembelajaran dalam Jaringan UNIMA) serta kemudahan menggunakan aplikasi pembelajaran daring pada jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Manado. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian survey deskriptif, untuk sampel pada penelitian ini mahasiswa semester 2 angkatan 2019 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Manado. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Dalam penelitian ini satu rombongan belajar sebanyak 38 mahasiswa dan sekitar 25 orang atau 65,8 % yang mengisi form efektif, dan kurang efektif sebanyak 13 orang atau 34,2 % dalam proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi Amelia dikondisi wabah Covid-19. Kemudahan dalam akses oleh 29 orang atau sekitar 76,3% mengatakan kesusahan dalam mengakses karena masalah internet maupun kekuranga kuota dan 9 orang atau sekitar 23,7 % mudah dalam mengakses aplikasi Amelia. Kemampuan menggunakan Fitur dalam aplikasi Amelia 22 orang atau sekitar 57,9% mengungkapkan tidak mudah dan 16 orang atau sekitar 42,1 % mengatakan mudah dalam menggunakan fitur yang terdapat dalam LMS UNIMA yakni Aplikasi Amelia. Penggunaan alat elektronik oleh mahasiswa dalam mengikuti kuliah menggunakan aplikasi Amelia yaitu 37 orang atau sekitar 97,4% menggunakan Handphone dan 1 orang atau 2,6% menggunakan Laptop. Persepsi mahasiswa dengan penggunaan aplikasi Amelia untuk pembelajaran dalam jaringan dirasa efektif dimana semua materi mata kuliah yang diprogram telah tersedia dalam satu aplikasi.Kondisi pandemi mempengaruhi tingginya tingkat efektivitas dalam pembelajaran secara daring dimana saat ini menghadapi wabah Covid-19 peraturan menteri masih menghimbau untuk kuliah dalam jaringan dan meminimalisir kegiatan yang berada di kampus.
Downloads
References
Alharbi, S., & Drew, S. (2014). Using the Technology Acceptance Model in Understanding Academics’ Behavioural Intention to Use Learning Management Systems. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 5(1), 143–155. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2014.050120
Bentley, Y., Selassie, H., & Shegunshi, A. (2011). Student-focused elearning design and evaluation. Proceedings of the International Conference on E-Learning, ICEL, (March 2012), 53–61.
Empy, E., & Hartono, Z. (2005). E-learning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Fortune, M. F., Spielman, M., & Pangelinan, D. T. (2011). Students’ Perceptions of Online or Face-to-Face Learning and Social Media in Hospitality, Recreation and Tourism. . . MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(1), 1–16.
Halawi, L. A., McCarthy, R. V., & Aronson, J. E. (2007). An empirical investigation of knowledge management systems’ success. Journal of Computer Information Systems, 48(2), 121–135. https://doi.org/10.1080/08874417.2008.11646014
Henriques, N., Slavov, D., & Mendes, A. J. (2004). LearningOnWeb: Development of a SCORM Compliant Learning Management System. Proceedings of the 5th International Conference on Computer Systems and Technologies, 1–6. Retrieved from http://doi.acm.org/10.1145/1050330.1050418
Hudha, M. N., Chaeruman, U. A., Aji, S. D., Huda, C., Yusro, A. C., Kumala, F. N., … Abdullah, A. G. (2018). SPADA: Online learning between universities of PGRI Indonesia. MATEC Web of Conferences, 197, 03002. https://doi.org/10.1051/matecconf/201819703002
Koohang, A., Floyd, K., Smith, T., & Skovira, R. (2010). The Hype of Using Social Networking as a Tool for Learning in E-Learning. Issues in Information Systems, 11(2), 30–36.
Koohang, A., Smith, T., Floyd, K., Skovira, R., Kohun, F., &
Delorenzo, G. (2010). Panel Discussion: The State of Blended Learning. In Proceedings of the 2010 InSITE Conference (pp. 705–708). https://doi.org/10.28945/1284
Mansell, R. (2010). The information society and ICT policy: A critique of the mainstream vision and an alternative research framework. Journal of Information, Communication and Ethics in Society, 8(1), 22–41. https://doi.org/10.1108/14779961011024792
Muhammad, T. (2017). Perancangan Learning Management System Menggunakan Konsep Computer Supported Collaborative Learning. Jurnal Produktif, 1, 35–63.
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336
Rani, M., Srivastava, K. V., & Vyas, O. P. (2016). An ontological learning management system. Computer Applications in Engineering Education, 24(5), 706–722. https://doi.org/10.1002/cae.21742
Rasyid, M. U. H. Al, & Setiawardhana. (2006). Evaluation Management System Berbasis Web Untuk Mendukung Penilaian Tes Online. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI 2006), 2006(Snati), 71–76.
Rößling, G., Joy, M., Moreno, A., Radenski, A., Malmi, L.,
Kerren, A., … Iturbide, J. Ã. V. (2008). Enhancing learning management systems to better support computer science education. ACM SIGCSE Bulletin, 40(4), 142–166. https://doi.org/10.1145/1473195.1473239
Solichin, A. (2009). Mengukur Tingkat Kenyamanan Penggunaan Sistem E-learning Moodle dalam Proses Knowledge Sharing : Studi Kasus di Universitas Budi Luhur. Budi Luhur Information Technology (BIT), 6(1), 43–50.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Wahyuningsih, S. S., Rusli, Y., & Bintarti, A. (2015). Aksesibilitas Mahasiswa Pada Tutorial Online Program Studi Perpustakaan. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 16(1), 29–38.
Widyonarso, E., & Yuliastuti, N. (2014). Tingkat Aksesibilitas Fasilitas Sosial Berdasarkan Konsep Unit Lingkungan Di Perumnas Banyumanik Kota Semarang. Ruang: Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 2(4), 351–360.
Yusro, A. C., Sasono, M., & Primayoga, G. (2020). The influence of active involvement on learning outcomes of physics pre-service teachers: A case study of blended learning on statistics course. Momentum: Physics Education Journal, 4(1), 30–37. https://doi.org/10.21067/mpej.v4i1.4194