PENERAPAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SIRAPAN 02

Authors

  • Erma Nurdiana SDN Sirapan 02 Kecamatan Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.60

Keywords:

Model Investigasi Kelompok, Media Visual, Prestasi Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS dengan menggunakan model investigasi kelompok berbantuan media visual pada prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Sirapan 02 Kecamatan/Kabupaten Madiun.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan hasilnya menunjukkan bahwa prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Sirapan 02 Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dapat ditingkatkan dengan menggunakan model investigasi kelompok berbantuan media visual. Peningkatan prestasi belajar IPS tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata klasikal yang mengalami kenaikan. Pada prasiklus nilai rata-rata klasikal = 60,94, siklus I = 71,44, dan siklus II = 75,61. Peningkatan prestasi juga dibuktikan dari siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan dan siswa yang tidak mencapai KKM mengalami penurunan. Pada prasiklus, siswa yang mencapai KKM sebanyak 3 orang (17,65%) dan yang tidak tuntas sebanyak 14 orang (82,35%). Siklus I, siswa yang mencapai KKM sebanyak 11 orang (64,71%) dan yang tidak tuntas sebanyak 6 orang (35,29%). Sedangkan pada siklus II, siswa yang mencapai
KKM sebanyak 14 orang (82,35%) dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang (17,65%). Capaian ketuntasan sebesar 82,35% sudah melebih target yang ditetapkan atau sudah sesuai dengan harapan yaitu siswa yang mencapai KKM ≥ 70%

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

17-07-2016

Issue

Section

Articles