MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 PONOROGO

Authors

  • Sundari Sundari SMPN 3 Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.58

Keywords:

Kompetensi Dasar, Keaktifan Siswa, Card Sort, IPS

Abstract

Pembelajaran aktif perlu ditekankan sebagai aspek penting dan sangat berarti dalam menciptakan pembelajaran IPS, agar siswa tidak monoton dan dinamis. Selama ini siswa klas IX E SMP Negeri 3 Kecamatan Ponorogo seringkali mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal IPSkarena itu perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Model pembelajaran aktif Card Sortadalah kolaboratif yang mengejar konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta, tentang obyek atau mereview informasi. Penelitian Tindakan Kelas ini ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran IPS melalui pembelajaran aktif tipe Card Sort dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam menyelesaikan soal IPS. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan catatan lapangan.Hasil dari penelitian ini menunjukkanbahwa penggunaan pendekatan model pembelajaran card sort dapat meningkatkan keaktifan siswa pada kompetensi dasar Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di atas 75% .

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

14-07-2016

Issue

Section

Articles