Pemanfaatan Media Digital Terhadap Indeks Minat Baca Masyarakat Kabupaten Lamongan

Authors

  • Abd. Ghofur STKIP PGRI Lamongan
  • Evi Aulia Rachma STKIP PGRI Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5524

Keywords:

Media Digital, Indeks Minat Baca

Abstract

Membaca merupakan aktivitas yang sangat penting dalam masyarakat. Selain untuk menambah informasi, juga untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan berpikir yang luas. Munculnya Internet dan situs media sosial telah memperluas sumber informasi berbasis digital. Perilaku membaca masyarakatpun berubah, hal ini tentu meningkatkan minat baca masyarakat. Melalui permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan media digital terhadap indeks minat baca masyarakat Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diambil 578 responden mulai usia 16 tahun keatas yang berasal dari 7 kecamatan dengan menggunakan multi stage technique sampling. Instrumen pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kuatitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat baca masyarakat Kabupaten Lamongan tahun 2019 adalah sebesar 64,71%. banyak masyarakat yang membaca namun ternyata mereka lebih suka membaca melalui internet dengan media Handphone atau Smartphone dari pada laptop dan komputer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aydemir, Z., & Ozturk, E. (2012). The Effects of Reading from the Screen on the Reading Motivation Levels of Elementary 5th Graders. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 11(3), 357-365.

Long, D., & Szabo, S. (2016). E-readers and the effects on students’ reading motivation, attitude and comprehension during guided reading. Cogent education, 3(1), 1197818.

Martinez, V. G., & López-Río, J. (2015). About the horrific peril of reading on digital devices. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 178, 105-109.

Meliyawati, M. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Depublis.

Saaid, S. A., & Wahab, Z. A. (2014). The Impact of Digital-Based Materials on Undergraduates' Reading Habit. International Journal of Social Science and Humanity, 4(3), 249.

Schneider, N. (2010). Facebook, Other Social Network Sites Could Lead to Lower Grades for Students. In.

Shari, M. (2006). Male teenagers need for extensive reading. In.

Squires, S. (2014). The effects of reading interest, reading purpose, and reading maturity on reading comprehension of high school students: Baker University.

Tanjung, F. Z., Ridwan, R., & Gultom, U. A. (2017). Reading Habits in Digital Era: A Research on the Students in Borneo University. LLT Journal: A Journal On Language And Language Teaching, 20(2), 147-157.

Tapscott, D. (2008). Grown up digital: McGraw-Hill Education Boston.

Verma, J., & Malviya, V. (2014). The impact of internet and digital media on reading habit. Paper presented at the XXIV National Seminar of the IASLIC.

Downloads

Published

08-12-2019

Issue

Section

Articles