Peningkatan Kreativitas Guru Sdn Kemuning Dalam Menyusun Bahan Ajar dan Alat Peraga Ramah Lingkungan Mata Pelajaran IPS Melalui Supervisi Akademik

Authors

  • Wahyu Sukartiningsih Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i1.5020

Keywords:

Kreatvitas Guru, Alat Peraga, Ramah Lingkungan, Supervisi Akademik

Abstract

Kreativitas guru SDN Kemuning masih perlu ditingkatkan. Karena dalam menyusun perangkat pembelajaran utamannya bahan ajar dan pembuatan alat peraga masih kurang mampu. Untuk itu perlu adanya solusi alternatifnya yaitu melalui supervisi Akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan : Pelaksanaan supervisi akademik dalam rangka meningkatkan kreatifitas guru dalam membuat bahan ajar dan alat peraga ramah lingkungan mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya Penelitian Tindakan Sekolah. Waktu penelitian mulai bulan Maret 2018 sampai dengan Maret 2019. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah enem orang guru kelas di SDN Kemuning Sambit Ponorogo. Tehnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian : Pada komponen pembuatan bahan ajar terlihat peningkatan dari 40 % (2 orang) pada kemampuan awal, menjadi 60% ( 3 orang ) pada siklus 1 dan menguat menjadi 90% (5 orang ) pada akhir kegiatan. Pada Komponen pembuatan alat peraga ramah lingkungan, terdapat peningkatan dari 50 % (3 orang ) menjadi 70% ( 4 orang ) setelah siklus 1 dan lebih menguat menjadi 92% ( 5 orang ) setelah siklus 2. Capaian kreativitas guru dalam menyusun bahan ajar dan alat peraga ramah lingkungan mapel IPS sudah melebihi target yang ditetapkan atau sudah sesuai dengan harapan yaitu > 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pandidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, R., & Dacholfany, M. I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Kota Metro Lampung. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 1(2), 204–217.

Damayanti, W. (2016). Peningkatan Mutu Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Di Smk Negeri 1 Salatiga Menghadapi Pkg 2016. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 80–86.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The systematic design of instruction.

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2018). Supervision and instructional leadership : a developmental approach (Tenth edition.).

Higgins, D., & Elliott, C. (2011). Learning to make sense: What works in entrepreneurial education? Journal of European Industrial Training, 35(4), 345–367. https://doi.org/10.1108/03090591111128324

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Munandar, S., & Utami, C. (1992). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah (Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua). Jakarta: Gramedia.

Nursito, N. (1999). Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adi Cipta.

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579

Semiawan, C. R. (2009). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: PT Index.

Sergiovanni, T. J. (2009). Educational governance and administration (6th ed.). Boston MA ;;Montreal: Pearson/Allyn.

Sudjana, N. (1995). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, C., & Rusyan, T. (1994). Kemampuan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

17-06-2019

Issue

Section

Articles