Pengaruh Permainan radisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun

Authors

  • Dwi Listyaningrum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i2.3463

Keywords:

permainan tradisional, Gobak Sodor, sikap sosial, siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan permainan tradisional gobak sodor terhadap sikap sosial siswa kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi penelitiannya siswa kelas III berjumlah 52 orang, kelas III A sebanyak 26 siswa yang diberi perlakuan dengan bermain permainan tradisional gobak sodor, sedangkan kelas III B sebanyak 26 siswa dengan tidak diberi perlakuan permainan tradisional gobak sodor atau sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket) dan teknik analisisnya menggunakan analisis regresi linier satu predikator yang bersifat untuk memprediksi angket yang digunakan signifikan terhadap sikap sosial siswa. Hasil analisis data dan mengujian hipotesis menunjukan Uji-T diperoleh t_(hitung )=2,87 dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 24 diperoleh t_tabel=1,711. Karena t_(hitung )> t_tabel=2,87>1,711, maka H_0  ditolak H_1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sikap sosial siswa dengan memanfaatkan permainan tradisional gobak sodor lebih baik dari pada sikap sosial siswa yang tidak memanfaatkan permainan tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirgantara, Y. (2012). Pelangi Bahasa Sastra dan Budaya Indonesia Kumpulan Apresiasi dan Tanggapan. Yogyakarta: Garudhawaca.

Gerungan, (2010). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Hasanah, N., dan Hardiyanti, P. (2016). Pengembangan Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 untuk SD. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudaya.

Mulyani, S. (2013). 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Lengensari Publishing.

Sarwono, S.W., dan Eko, A.M. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Turangan, L. W., & Reza, F. (2014). Seni Budaya dan Warisan Indonesia Olahraga & Permainan. Jakarta: PT Aku Bisa.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wiyani, N.A. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

21-12-2018

Issue

Section

Articles