TRADISI BERSIH KALI (STUDI KEARIFAN LOKAL DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS SD

S Sunyoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai kearifan lokal yang terkandung di dalam tradisi bersih kali di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo dan potensinya sebagai sumber pembelajaran IPS SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif etnografi dengan memanfaatkan sumber data primer dan sumber data sekunder. Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data primer diperoleh dari informan melalui wawancara, observasi dan pencatatan dokumentasi. Sedangkan analisa data analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian memberi gambaran bahwa Tradisi Bersih Kali adalah sebuah tradisi turun temurun yang dimiliki oleh masyarakat Desa Baosan Kidul, yang memiliki nilai-nilai kearifan lokal diantaranya: tanggung jawab, rela berkorban, persatuan atau kerukunan, gotong royong, hormat menghormati, religi, spiritual, dan estetika. Oleh karenanya Tradisi Bersih Kali ini berpotensi sebagai salah satu sumber pembelajaran kajian Mata Pelajaran IPS kelas 5 Sekolah Dasar.

 

 


Keywords


kearifan lokal;sumber pembelajaran IPS SD;tradisi bersih kali.

Full Text:

PDF

References


Hanif M., I.D. (2016), Kesenian Dongkrek (Studi Nilai Budaya dan Potensinya sebagai sumber Pendidikan Karakter), Jurnal Studi Sosial Gulawentah, Madiun, PM PIPS IKIP PGRI Madiun.

James A. Black dan Dean J. Champion (2009), Metode dan Masalah Penelitian.Terjemahan oleh Koswara, E, Salam, D, dan Ruzhendi, A. Bandung, PT Refika Aditama.

Koentjoroningrat (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta. PT Rineka Ciprta.

Setiana D, I.DS.(2012), Kearifan Lokal Tradisi Uyen Sapi Perajut Integrasi Sosial (Studi Kasus di Desa Jonggol Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo), Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 Tahun 2012, Madiun, IKIP PGRI MADIUN.

Simanjuntak, B.A. (2016).Tradisi, Agama, dan Akseptasi Modernisasi Pada Masyarakat Pedesaan Jawa. Jakarta.Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Strauss, A. Dan Corbin, J. (2009). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Terjemahan oleh Muhammad Shodiq dan Imam Muttaqien. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfa Beta.

Sulasman dan Gumilasr S.(2013), Teori-teori Kebudayaan (Dari teori Hingga Aplikasi), Bandung, CV Pustaka Setia.

Zakiyah, Qiqi Yuliati dan Rusdiana (2014), Pendidikan Nilai, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung, Pustaka Setia.


Article Metrics

Abstract has been read : 1248 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i2.3164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats