Peran Kepala Sekolah dan Partisipasi dari Masyarakat dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah unruk Mewujudkan Kualitas Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun
DOI:
https://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i1.2826Keywords:
manajemen berbasis sekolah, partisipasi masyarakat, kepala sekolah.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis peran kepala sekolah serta mengetahui partisipasi masyarakat dalam implementasi MBS untuk mewujudkan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah fenomologi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite sekolah, dan masyarakat sekitar yang peduli akan pendidikan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Analisis data dengan menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan kepala sekolah mampu melaksanakan perannya dengan baik, partisipasi masyarakat baik secara materiil dan non materiil sangat membantu dalam mewujudkan kualitas pendidikan di MTs Negeri Kota Madiun.
Downloads
References
Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Hidayah, N. (2016). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Seri Disertasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosda
Mulyasa, E (2014). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Rahmat, A. (2016). Manajemen Humas Sekolah. Yogyakarta: Media Akademia
Suparlan. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah Dari Teori Sampai Dengan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Pemerintah daerah