Peran Kepala Sekolah dan Partisipasi dari Masyarakat dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah unruk Mewujudkan Kualitas Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun

Authors

  • Ersin Indraningrum Kementrian Agama Kota Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i1.2826

Keywords:

manajemen berbasis sekolah, partisipasi masyarakat, kepala sekolah.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis peran kepala sekolah serta mengetahui partisipasi masyarakat dalam implementasi MBS untuk mewujudkan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah fenomologi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite sekolah, dan masyarakat sekitar yang peduli akan pendidikan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Analisis data dengan menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan kepala sekolah mampu melaksanakan perannya dengan baik, partisipasi masyarakat baik secara materiil dan non materiil sangat membantu dalam mewujudkan kualitas pendidikan di MTs Negeri Kota Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hidayah, N. (2016). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Seri Disertasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosda

Mulyasa, E (2014). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Rahmat, A. (2016). Manajemen Humas Sekolah. Yogyakarta: Media Akademia

Suparlan. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah Dari Teori Sampai Dengan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Pemerintah daerah

Downloads

Published

18-07-2018

Issue

Section

Articles