Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar IPS dengan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Takeran Magetan
DOI:
https://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i1.2225Keywords:
Kata kunci, Motivasi, Prestasi, IPS, Keterampilan guru, Think Pair ShareAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menggunakan model picture and picture berbantuan metode menyanyi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Saradan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adlah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model picture and picture berbantuan metode menyanyi dalam pembelajaran IPS dalam materi kondisi geografis dan penduduk dapat meningkatkan prestasi belajar Siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Saradan Madiun.Hal ini ditunjukkan pada siklus I sebanyak 46% tinggi, 36% sedang dan 18% rendah pada siklus II meningkat menjadi 22,72% sangat tinggi, 72,78% tinggi dan 4,5% sedang. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 77,95% menjadi 82,05% pada siklus ke II. Pada aspek afektif pada siklus I sebanyak 78,75% menjadi 83,12% pada siklus II.
Downloads
References
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Aris Shohimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Daryono, Drs. 2016. Media Pembelajaran Peranannya sangat Penting dalam mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode Teknik Struktur dan model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka belajar
Marno dan M Idris. 2010. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suprapto. 2015. Studi Kasus, Makalah, Artikel. Bandung: Mujahid Press
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Poerwati, Endang, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Warsono, Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.