Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Keywords:
paling berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Kata kunci: Kualitas; Pelayanan Akademik; Kepuasan Mahasiswa;Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui Persepsi mahasiswa tentang pelayanan administrasi akademik, Tingkat kepuasan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Kualitas pelayanan administrasi akademik mahasiswa mempengaruhi kepuasan mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang pelayanan administrasi akademik di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa aktif yang diambil menggunakan teknik Accidental sampling atau convenience sampling. Dalam penelitian bisa saja terjadi diperoleh sampel yang tidak direncanakan terlebih dahulu, melainkan secara kebetulan, yaitu memberikan kuesioner kepada mahasiswa yang mengakses Sistem Informasi Akademik berdasarkan waktu tertentu yang menghasilkan 252 responden.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Survey yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Ponorogo terhadap mahasiswa yang aktif, menghasilkan data yang diperoleh dianalisis dengan t-Test, Analisis Deskriptif kuantitatif dan Kualitatif, Analisis Regresi Linier Sederhana dan Analisis Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan oleh bagian Akademik adalah di atas rata-rata yaitu: aspek tangibles (Sarana pendidikan - Alat Perkuliahan, Media Pengajaran dan Prasarana Pendidikan) yaitu 3,98, aspek responsiveness (Sikap tanggap) yaitu 3,09, Aspek reliability (kehandalan dosen, staf Akademik) yaitu 3.10, aspek assurance (perlakuan pada mahasiswa) yaitu 3,9, dan aspek empaty yaitu 3,90. Dari hasil analisis data dari masing-masing aspek tersebut, aspek tangibles (Sarana pendidikan - Alat Perkuliahan, Media Pengajaran dan Prasarana Pendidikan) adalah aspek yang paling berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa.
Downloads
References
Alma, Buchari, (2004), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan ke-6, CV. Alfabeta, Bandung.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
J. Supranto, (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Rineka Cipta, Jakarta
Kasmir, (2005). Etika Customer Service, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Kotler, Philip. (2005). Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Laksanan, Fajar, (2008). Manajemen Pemasaran pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graham Ilmu.
Sekaran, Uma, (2006). Research Methods For Business; Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Swastha, Basu. DH, (1998). Manajemen Pemasaran. Edisi ke dua, Cetakan keenam, Fakultas Ekonomi UGM, Yokyakarta
Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia.
_______, Fandy. (2005). Total Quality Service. Yogyakarta : ANDI.
Yamit, Zulian. (2004). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonesia, Yogyakarta
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yeni Cahyono, Riza Dessy Nila Ayutika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.