Dinamika pasar dan keberlanjutan bisnis karaoke: Perspektif ekonomi dan sosial
Keywords:
Economy, Karaoke, Brantas AreaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara komprehensif dinamika pasar dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberlanjutan bisnis karaoke dari perspektif ekonomi dan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan analisis tematik. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Tulungagung pada pertengahan bulan Oktober 2023 hingga akhir bulan April 2024. Partisipan penelitian ini sejumlah enam responden yang terdiri dari Ketua RT, Pemandu Lagu (eks-PSK), Pemilik Usaha Karaoke, Tukang Parkir, Tukang Cuci, serta Warga Kawasan Brantas. Teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan analisis data Miles and Huberman (2014) model interaktif, dengan tiga alur kegiatan terjadi secara bersamaan yaitu (1) kondensasi data; (2) penyajian data; (3) pengambilan kesimpulan atau verifikasi dengan menggunakan bantuan analisis data NVivo12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lokalisasi Kaliwungu berhasil ditutup pada tahun 2012 oleh Bupati Tulungagung periode 2008-2013, Heru Tjahjono. Sejak penutupan lokalisasi, masyarakat Desa Kaliwungu mendirikan bisnis hiburan karaoke dan warung kopi yang disebut sebagai Kawasan Brantas. Pemandu Lagu (eks-PSK) memasang tarif sekitar Rp 35.000 sampai Rp 50.000 setiap jamnya. Tarif parkir kendaraan mobil adalah Rp 5.000 untuk hari-hari biasa seperti Senin sampai Jumat di Kawasan Brantas, sedangkan pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu dikenakan tarif Rp 10.000. Pada bulan Ramadan, Kawasan Brantas buka mulai jam 19.00 WIB sampai dengan jam 24.00 WIB dengan alasan mayoritas warga Kawasan Brantas yang berada di RT 02/RW 03 yang berjumlah 65 kartu keluarga beragama Islam.
Downloads
References
Achmad, F. (2023). Peran Inovasi dalam Meningkatkan Kinerja Industri Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(03), 150–157. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i03.244
Adha, L. A. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia. Journal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49
Agustina, A., & Hanifuddin, I. (2021). Peluang Usaha melalui Pengembangan Keterampilan dalam Memanfaatkan Faktor Produksi di Dusun Ngrandu. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 2774–6755.
Agustina, N., & Salam, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pendidikan Masyarakat Di Desa Made Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang. Conference on Research & Community Services, 211–218.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arisdiani, T., & Widyastuti, Y. P. (2019). Hubungan Self-Esteem Terhadap Perilaku Mengkonsumsi Minuman Keras Pada Wanita Pemandu Lagu (Pl) Di Tempat-Tempat Karaoke. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 14. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.14-18
Asyhari, dan W. (2015). HubunganTriple Helix, Inovasi, Keunggulan Bersaing dan Kinerja. Conference in Business, Accounting, and Management, 2(1), 320–334. http://citraindonesia.com/kemendag-
Darsono, Sukmawati, E., Widodo, Z. D., Tanipu, Fu., Susilowati, E. M., & Tahirs, J. P. (2023). Dinamika Kolaborasi Industri dalam Ekosistem Ekonomi Kreatif: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5185–5192. http://repository.radenintan.ac.id/15950/
Febriyanti, L., & Wisnu. (2023). Jaringan Mucikari Dolly di Surabaya Tahun 1967-1999. AVATARA , e-Journal Pendidikan Sejarah, 13(2).
Fitri, S. (2018). Analisis SWOT Pelayanan Diva Family Karaoke Salemba Jakarta untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 201–208. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/4235/2608
Ikhwani, M., Wulandari, A., & Anis, B. J. (2022). Peran Adaptabilitas Lingkungan dalam Memediasi Orientasi Pasar dan Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (The Role of Environmental Adaptability in Mediating Market Orientation and Entrepreneurship Towards Sustainable Competitive Advant. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 3(01), 43–56. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v3i01.300
Kusumastuti, N. T. (2017). Pengawasan Pemerintah dan Masyarakat Terhadap Usaha Karaoke di Kabupaten Grobogan. Repository Undip.
Kusumo, B. H. (2022). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pengangguran, Pendidikan dan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Terhadap Kemiskinan Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 10(2), 1–21.
Listyawati. (2020). Efektivitas Bantuan Sosial Bagi Eks Wanita Tuna Susila di Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur. Media Informasi Kesjahteraan Sosial, 44 no.2, 165–189.
Margaretha Pramesti, Afdal Fadlan, & Muhammad Yasin. (2023). Konsep Industrialisasi Pada Pengembangan Teknologi Di Indonesia. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(2), 148–154. https://doi.org/10.58192/populer.v2i2.865
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. SAGE Publicaton.
Muhammad, Ali, H. G., & Arifin. (2017). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Anak di Desa Wunse Jaya Kecamaan Ko. Jurnal Al-Ta’dib, 10(1), 163–180.
Nugrahanto. (2022). Ruang Karoke Dalam Perebutan Kuasa. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 24(1), 69–84. https://doi.org/10.55981/jmb.1369
Nur Solihat, A., & Arnasik, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II(X). https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.915
Nurjanah, M., & Rainanto, B. H. (2021). Tinjauan Atas Pelayanan Prima Pada Happy Puppy Karaoke Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 1(2), 211–218. https://doi.org/10.37641/jabkes.v1i2.1337
Pakaya, I., & Posumah, J. H. (2021). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Pendidikan Masyarakat Di Desa Biontong I Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Administrasi Publik, VII(104), 11–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/33692
Pambudi, A. R., & Rahardjo, B. (2021). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(5), 925–932. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i5.933
Panjaitan, J., & Ariwangsa, I. M. B. (2018). Respon Masyarakat Lokal Terhadap Aktivitas Hiburan Malam Di Legian, Kuta. Jurnal Destinasi Pariwisata, 6(1), 199. https://doi.org/10.24843/jdepar.2018.v06.i01.p30
Putra, R. C., & Hidayatulloh, D. S. (2022). Pengaruh Kegiatan Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan Pada Auto2000 Asia Afrika Bandung. E-Proceeding of Management, 9(4), 1935–1942.
Salamah, M., & Sari, R. C. (2017). Pengaruh Motivasi Ekonomi, Motivasi Sosial, Motivasi Lingkungan dan Perceived Digital Security Terhadap Partisipasi Menggunakan Platform Sharing Economy. 2.
Siagian, N., & Siallagan, S. J. (2022). Perkembangan Bisnis Pariwisata Di Kota Parapat Ditinjau Dari Perspektif Pembangunan Danau Toba Sebagai “Monaco Of Asia.†Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.51622/jispol.v2i1.741
Sukidjo. (1995). Upaya Pengembangan Ekonomi Pedesaan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 57–68.
Sulfasyah, S., & Ibrahim, M. (2017). Rumah Bernyanyi Sebagai Sarana Penyimpangan Sosial. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(1), 58–66. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i1.487
Yuniza, M., Aurel, R., Utari, R., Putri, R. D., & Padang, U. N. (2023). Karaoke Di Pasar Baru Kasang Kecamatan Batang. 2, 1087–1093.
Zainuddin, M. (2017). Kajian Dampak Kebijakan Penutupan Lokalisasi Teleju Oleh Pemerintah Kota Pekanbaru. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 15(2), 78. https://doi.org/10.35967/jipn.v15i2.3846