Analisis Profesionalisme Pelayanan Surat Izin Mengemudi Kepolisian Resort Ponorogo

Luhur Ainul Fikri, Florentina Ratih Wulandari, Diani Indah

Abstract


Profesionalisme menjadi penting dalam pelayanan publik, hal ini menjadi hal yang tidak bisa di pisahkan dalam upaya menciptakan pelayanan prima terhadap masyarakat, Kepolisian Resort Ponorogo memiliki sebagai lembaga pemerintah memiliki pelayanan dalam pembuatan SIM, bagaimana proses pelayanan yang diberikan apakah sudah sesuai dengan harapan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektifitas pelayanan publik dalam pengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Penelitian ini berjenis kualitatif evaluatif dengan model CIPP, dengan fokus utama, sebagai berikut: a). Kemampuan, b). Kualitas, c). Sarana dan Prasarana, d). Jumlah SDM, e). Teknologi Informasi, f). Konsistensi. Pelayanan SIM yang diberikan oleh Kantor Satpas Polres Ponorogo, meliputi: pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petugas Satpas dalam mendukung tercapainya tujuan pelayanan SIM dengan maksimal, Pemeliharaan, dan pembenahan secara berkesinambungan sarana dan prasarana Satpas ditambah dengan dukungan perlengkapan SIM dari Korlantas Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), Melaksanakan sosialisasi kepadamasyarakat tentang prosedur layanan SIM, Jaringan dan akses aplikasi SIM online belum berjalansama sekali.


References


Annisa. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Workshop. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 171–176.

Azhar, F. (2015). Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) di Kelurahan Pegirian Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(2), 63–70.

Baiduri Ratna. (2024). Pelayanan SIM.

Brundrett, M. (2006). Evaluating the individual and combined impact of national leadership programmes in England: Perceptions and practices. School Leadership and Management, 26(5), 473–488. https://doi.org/10.1080/13632430601007931

Erlianti, D., Tinggi, S., Lancang, I. A., Dumai, K., Gunung, J., No, M., Dumai, B. A., Pelayanan, K., & Jaminan, P. E. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Kata Kunci. Jurnal Administrasi Publik & Bisnis, 1(1), 9–18.

Heru Susilo. (2024). peningkatan kapasitas petugas.

Nugroho, J. (2024). Perbaikan Pelayanan.

Rinaldi, R. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Biro Umum Sekretariat Daerah Propinsi Sumatera Utara). The Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 1(1), 22–34.

Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67

Saggaf, S., Salam, R., Kahar, F., & Akib, H. (2014). Pelayanan Fungsi Administrasi Perkantoran Modern. Jurnal Ad’ministrare, 1(1), 20–27.

Samesnego Brevan Barus, M. M. (2017). Reformasi Birokrasi Pelayanan Kehumasan di Bagian Humas dan Proatokol Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 310–321.

Storey, A. (2006). The search for teacher standards: A nationwide experiment in the Netherlands. Journal of Education Policy, 21(2), 215–234. https://doi.org/10.1080/02680930500500427

Suganda, E., Nasution, S. L., & Halim, A. (2023). The Effect of Education, Professionalism, Quality of Work Life, and Work Discipline on Employee Performance at PT. Telkom (Persero) Tbk Branch Rantauprapat. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 3(2), 225–234. https://doi.org/10.35877/454ri.daengku1495

Teguh Pradipta. (2024). pelaksanaan tes.

Wibowo, A. A., & Pratomo, S. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Mendukung Reformasi Birokrasi Di Era Masyarakat Informasi. Jurnal Media Administrasi, 3(1), 42–49.


Article Metrics

Abstract has been read : 33 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v9i1.19977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats