Pengaruh pendidikan guru penggerak dan kompetensi kepemimpinan terhadap kompetensi manajerial guru penggerak SMP Kabupaten Lombok Barat

Authors

  • H Husni Universitas Islam Negeri Mataram
  • F Fahrurrozi Universitas Islam Negeri Mataram
  • Fathul Maujud Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.25273/gulawentah.v8i2.19140

Keywords:

Pendidikan Guru Penggerak, Kompetensi, Kepemimpinan, Manajerial.

Abstract

Pengaruh pendidikan guru penggerak dan kompetensi kepemimpinan terhadap kompetensi manajerial guru penggerak SMP Kabupaten Lombok Barat

 

H Husni, F Fahrurrozi, Fathul Maujud

1Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

Email:  210403008.mhs@uinmataram.ac.id*;  fahrurrozi@uinmataram.ac.id; fathulmaujud@uinmataram.ac.id

 

Naskah diterima: 23/09/2023; Revisi: 02/10/2023; Disetujui: 13/10/2023

Abstrak

Pendidikan guru penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.  Guru penggerak merupakan pemimpin pembelajaran dalam merdeka belajar. Sebagai leader guru penggerak harus memiliki kompetensi kepemimpinan dan manajerial yang handal dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin pembelajaran di kelas, kepala sekolah atau pengawas.     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh   pendidikan  guru penggerak dan kompetensi kepemimpinan terhadap kompetensi manajerial  guru penggerak SMP di Kabupaten Lombok Barat . Metode yang di gunakan adalah  kuantitatif , dengan jumlah populasi sebanyak 30. Waktu penelitian bulan Maret sampai dengan Desember 2022. Variabel bebasnya adalah pendidikan guru penggerak dan kompetensi kepemimpinan, sedangkan variabel terikatnya adalah kompetensi manajerial. Instrumen  pengumpulan data adalah angket.  Teknik   pengujian hipotesis berupa  uji regresi linier berganda Hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan  : (1)  pendidikan  guru penggerak terhadap kompetensi manajerial  guru penggerak SMP di Kabupaten Lombok Barat  dengan nilai signifikansi  sebesar 2,904 lebih besar dari t tabel yaitu 2,052, (2) kompetensi kepemimpinan terhadap kompetensi manajerial  guru penggerak SMP di Kabupaten Lombok Barat  dengan nilai signifikansi  sebesar 2,838 lebih besar dari t tabel yaitu 2,052, dan (3) secara signifikan dan simultan antara pendidikan guru penggerak dan kompetensi kepemimpinan terhadap kompetensi manajerial guru penggerak SMP di Kabupaten Lombok Barat  dengan nilai signifikansi  sebesar 452,428 lebih besar dari F tabel yaitu 3,350.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Dharma, A. (2022). Modul 1.2 Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82-88. http://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/1876

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/90

Hadi, S. (1995). Statistik II. PT. Rineka Cipta.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan solusi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru: sebuah kajian pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 123-132. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595

Jannah, M. (2020). Faktor penghambat guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar Fakultas Ilmu Sosial].

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/765

Mansyur, A. R. (2022). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101-109. https://pdfs.semanticscholar.org/2db5/52739309aeb828dcddd9eb8618f192e510e5.pdf

Mulyana, M. (2010). Manajemen sumber daya manusia (sdm) ritel dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Jurnal Ilmiah Ranggagading, 10(2), 164-170.

Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran guru penggerak pada merdeka belajar untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 1-16.

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-99. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/7959

Silalahi, U. (1992). Studi tentang ilmu administrasi: Konsep, teori dan dimensi. SINAR BARU.

Sugiyarta, S., Prabowo, A., Ahmad, T. A., Siroj, M. B., & Purwinarko, A. (2020). Identifikasi kemampuan guru sebagai guru penggerak di karesidenan Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 6(2), 215-221. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/26919

Surahman, S., Rahmani, R., Radiana, U., & Saputra, A. I. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(04), 376-387. https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/667

Sutanto, P. (2020). Buku Saku Merdeka Belajar, Prinsip dan Implementasi pada Jenjang Pendidikan SMA. Kemdikbud.

Syahril, I. (2020). Guru Penggerak Sebagai Pendorong Transformasi Pendidikan Indonesia. Kemdikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/07/kemendikbud-luncurkan-merdeka-belajar-episode-5-guru-penggerak

Tahajudin, D., Rokmanah, S., & Putri, C. H. (2023). Optimalisasi Guru Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1967-1972. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/download/1631/972

Yokoyama, Y., Nadeak, B., & Sihotang, H. (2023). Implementasi Kompetensi Guru Penggerak Dalam Menerapkan Merdeka Belajar SMK Di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(2), 187-200. http://ejournal.fkipuki.org/index.php/jdp/article/view/176

Yusro, A. C. (2023). Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) calon guru professional bidang fisika. Proceedings Series of Educational Studies, 344-349.

Downloads

Published

31-12-2023

Issue

Section

Articles