PENERAPAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS ETIKA BISNIS UNTUK MENINGKATKAN KEJUJURAN SISWA KELAS XI PERBANKAN SMK CENDEKIA MADIUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kejujuran siswa SMK melalui pembelajaran kewirausahaan berbasis etika bisnis. Melalui mata pelajaran kewirausahaan berbasis etika bisnis ini diharapkan mampu meningkatkan kejujuran dan membentuk karakter siswa yang mandiri, tangguh, percaya diri, pekerja keras yang mampu bersaing di era global. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif kuantitatif (kombinasi) dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Perbankan SMK Cendekia Madiun.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan kolaboratif dengan guru kelas XI Kompetensi Keahlian Perbankan SMK Cendekia Madiun sebagai pihak yang melakukan pembelajaran atau tindakan. Sedangkan pihak yang melakukan pengamatan terhadap proses tindakan adalah peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran kewirausahaan berbasis etika bisnis dapat diketahui adanya peningkatan nilai kejujuran siswa. Nilai-nilai etika bisnis dimasukkan dalam langkah-langkah kegiatan pembelajaran di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun dan dikembangkan oleh guru kewirausahaan.Peningkatan ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai kejujuran dari kondisi awal prasiklus ke tindakan siklus I dan siklus II, dan peningkatan jumlah siswa yang memperoleh predikat jujur.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal, J. (2016). Studi Tentang Kejujuran Dalam Suatu Sistem Organisasi. Yogyakarta: Harffey.
Hudiyono. (2016). Revitalisasi SMK Melalui Kewirausahaan. Malang: Latif Kitto Mahesa.
Kasmir. (2014). Kewirausahaan Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Mita. (2015). Etika Bisnis. http://mitawulandari.blogspot.co.id/2015/02/jurnal-etika-bisnis.html dipostkan Minggu, 08 Februari 2015. Diunduh 20 Desember 2016
Nurcahyo, A., Wahyudi, S., Setiawati, D. (2010). Kewirausahaan, Bahar Ajar Perguruan Tinggi. Magetan: Swastika Press.
Rizali Hadi. (2012). Pengembangan Model Internalisasi Nilai Kejujuran Melalui Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Etika Bisnis (Studi pada SMK Negeri 2 Banjarmasin). Vol 12 No. 1April 2012.http://jurnal.upi.edu/penelitianpendidikan/view/3510/
Setiawan, F. (2013). Kemampuan Guru Melakukan Penilaian Dalam Pembelajaran Melalui Internalisasi Nilai Kejujuran Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal UPIIS Volume 5 Nomor 2, Desember2013.
Suherman, E. (2012). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
Zimmerer, T.W, Norman, S. (2014). Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks Gramedia
Article Metrics
Abstract has been read : 1270 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v2i2.1897
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:
Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun
email : gulawentah@unipma.ac.id