Strategi Komunikasi Pemasaran Produk BRImo Di PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Purwokerto

Ariska Yuliani

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi meningkatkan aktivitas masyarakat ke ranah digital. Hal ini dipercepat dan menjadi sebuah kebutuhan akibat pandemi covid 19 yang memaksa untuk physical distancing. Aktivitas masyarakat bergeser dari offline menjadi online. Situasi ini mendorong perusahaan-perusahaan menciptakan produk digital guna memenuhi kebutuhan masyarakat, tidak terkecuali PT BRI dengan aplikasi digital BRImo. Di tengah persaingan yang ketat antarbank, BRI memiliki strategi untuk memasarkan produk BRImo kepada masyarakat. Artikel ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran produk BRImo di PT BRI KC Purwokerto. BRImo merupakan integrasi dari beberapa aplikasi online bank BRI yang diciptakan untuk meningkatkan layanan perbankan terhadap masyarakat khususnya nasabah bank BRI. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan dan mengembangkan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan BRI KC Purwokerto kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teori komunikasi pemasaran dan teori uses and gratifications digunakan sebagai pendekatan dalam melakukan penelitian terkait komunikasi pemasaran aplikasi BRImo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi, dengan melakukan observasi, wawancara dengan informan yang merupakan pekerja PT BRI KC Purwokerto dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di PT BRI KC Purwokerto, salah satu kantor cabang PT BRI (Persero), Tbk di wilayah Kabupaten Banyumas. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan BRI KC Purwokerto adalah melakukan akuisisi produk BRImo secara langsung dengan memanfaatkan sumber daya manusia yaitu pekerja dan nasabah BRI KC Purwokerto. Pekerja diwajibkan menggunakan BRImo untuk bertransaksi dan melakukan cross selling produk BRImo terhadap nasabah eksisting maupun baru. Cross selling dilakukan oleh tenaga pemasar dan CS.


Keywords


Strategi Komunikasi; Pemasaran; BRImo

Full Text:

PDF

References


Arianto, A. (2021). Komunikasi Pemasaran: Konsep dan Aplikasi di Era Digital. . Airlangga University Press.

Banjaŕnahor, A. R., Purba, B., Sudarso, A., Sahir, S. H., Munthe, R. N., Kato, I., Gandasari, D., Purba, S., Muliana, M., & Ashoer, M. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. http://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fatimah, S. B., & Hendratmi, A. (2020). Digitalisasi Pada Bank Mandiri Syariah Di Tengah Persaingan Dan Perubahan Teknologi. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(4), 795-813.

Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Universitas Brawijaya Press.

Istiawan, S. R. (2014). “Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan pada Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya”(Studi Deskriptif Terhadap Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan pada Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya) UNIVERSITAS AIRLANGGA].

Kurniawan, S. D., & Setyawan, A. A. (2019). PENGUKURAN KESENJANGAN DIGITAL DI BANYUMAS UNTUK MENGETAHUI KESIAPAN MASYARAKAT DALAM MEMANFAATKAN SMART CITY. EDUSAINTEK, 3. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/view/332

Martoyo, A. (2020). Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi Usaha Mikro Makanan dan Minuman Di Kota Jakarta Selatan. BRICommerce, Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, Bisnis dan Keuangan, 1(2), 1-14.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI press.

Moelong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Putra, R., & Setyadji, V. (2019). Satelit BRI/BRIsat Meningkatkan Kualitas Pelayanan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Di Era Digital. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 11(02), 79-86. http://journal.stikom-ima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/79

Rahayu, R. N. (2019). Sasar Milenial, BRI Luncurkan Aplikasi BRImo. . OKEZONE. https://economy.okezone.com/read/2019/03/01/20/2024593/sasar-milenial-bri-luncurkan-aplikasi-brimo

Ramli, R. R. (2022). Daftar 5 Bank dengan Aset Terbesar di Indonesia, Bank Mandiri Jadi Jawara. KOMPAS. https://money.kompas.com/read/2022/05/09/070800026/daftar-5-bank-dengan-aset-terbesar-di-indonesia-bank-mandiri-jadi-jawara?page=all

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. . Refika Aditama.

Tasnim, T., Sudarso, A., Anggusti, M., Munthe, R. N., Tanjung, R., Mistriani, N., Setiawan, Y. B., Simatupang, S., Sari, O. H., & Saragih, L. (2021). Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Tiakoly, K. (2022). Strategi Pelayanan Customer Servis pada Masa Pandemi Covid 19 terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Cabang Pasar Gamalama Kota Ternate. IQRA: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 1(1), 26-41. http://jurnal.iai-assiddiq.ac.id/index.php/iqra/article/view/3

Utami, A. D. (2021). Strategi Pelayanan Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pt Bank Rakyat Indonesia Unit Pituruh.


Article Metrics

Abstract has been read : 1486 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v7i2.13944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats