PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KOLONIALISME EROPA DI INDONESIA MELALUI MODEL MAKE A MATCH PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMPN NGEBEL PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.25273/gulawentah.v2i1.1357Keywords:
aktivitas, model make a match picture, pemahamanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa kelas VII SMPN Ngebel Ponorogo terhadap pemahaman kolonialisme Eropa di Indonesia melalui penerapam model make a match picture. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kelas sebanyak dua siklus dengan subyek penelitian siswa kelas VII B. Pengambilan datanya dengan tes, observasi, dan wawancara, serta dianalisis kualitatif interaktif. Hasil dari ulangan harian khusus kelas ini 73% belum bisa mencapai ketuntasan. Mengingat pentingnya pemahaman yang benar terhadap materi IPS ini, kami menemukan langkah yang sesuai antara materi dengan model pembelajarannya, yaitu Make A Match Picture. Ternyata ada peningkatan, baik aktifitas maupun pemahaman. Aktifitas pada siklus I 88 % (target 76%), siklus II menjadi 100%, sedangkan pemahaman walau baru 61% dan belum mencapai target yaitu 76%, tapi pada siklus II meningkat menjadi menjadi 84% (targetnya 80).
Downloads
References
Dimyati dan Mudjiono, (2015). Belajar & Pembelajaran. Kerjasama Departemen Pendidikan & Kebudayaan dengan Penerbit Rineka Cipta. Jakarta, PT Asdi Mahasatya.
Sanjaya, W. (2015). Penelitian tindakan Kelas. Jakarta, Prenadamedia Group
Qonita Alya, (2009), Kamus Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar, Anggota IKAPI-PT Indahjaya Adipratama
Sardiman A.M., Endang M, Dyah R Suryo, (2006). Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial 1. Solo, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Marwati Djoned Poesponegoro, Nugroho Notosusanto (Cetakan ke-5, 1984) Sejarah Nasional Indonesia III, IV Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, PN Balai Pustaka
Sardiman A.M., Endang Mulyani, Dyah Respati Suryo, (2006). Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial 1. Solo, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.