Strategi komunikasi PT Air Mas Perkasa dalam meningkatkan hubungan dengan external stakeholder di masa pandemi covid-19

Aisyahna Kurniadi Aulia, Stevani Stevani

Abstract


Pandemi Covid-19 yang merebak di seluruh dunia, menimbulkan tantangan bagi para pelaku bisnis dalam menjalankan strategi komunikasi untuk menjangkau para stakeholdernya. Banyak perusahan yang tidak bisa beradaptasi terhadap perubahan tersebut sehingga tidak mampu bertahan dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Pengembangan strategi komunikasi yang baik dan tepat sasaran menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh suatu perusahaan. Selain untuk menjaga dan meningkatkan nama baik perusahaan di public, strategi komunikasi juga berguna untuk meningkatkan hubungan dengan para stakeholder perusahaan, baik itu internal maupun external stakeholder. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, berdasarkan strategi komunikasi interaksional oleh Wilbur Schramm. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa, implementasi strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT Air Mas Perkasa menggunakan media komunikasi Instagram, Youtube, Zoom, dan komunikasi interpersonal dalam meningkatkan hubungan dengan stakeholder khususnya external stakeholder di masa pandemi Covid-19. Feedback yang didapat setelah menggunakan media sosial sebagai media komunikasi perusahaan adalah meningkatnya awareness masyarakat tentang PT Air Mas Perkasa. Selain itu, perusahaan juga dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas dalam waktu yang singkat daripada melakukan kegiatan seminar offline dan dapat meningkatkan hubungan komunikasi antara perusahaan dan publik.


Keywords


Strategi Komunikasi, Efektifitas Strategi Komunikasi, Media Komunikasi, Pemangku Kepentingan Eksternal

Full Text:

PDF

References


Agusta, L. (2003). Teknik Pengumpulan Dan Analisis Data Kualitatif. Litbang Pertanian.

Bayu, D. J. (2020). 6 Sektor Usaha Paling Terdampak Saat Pandemi Corona. katadata. Retrieved 20/06/2022 from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/6-sektor-usaha-paling-terdampak-saat-pandemi-corona

Broom, G., Center, A., & Cutlip, S. (1994). Effective Public Relation. Englewood Cliffs: Prentice Hall.

Broom, G. M., & Sha, B.-L. (2013). Cutlip and Center’s: Effective Public Relations. eleventh editon. England: Pearson Education Limited.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2005). Mixed methods research: Developments, debates, and dilemmas. Research in organizations: Foundations and methods of inquiry, 2, 315-326.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

David, F., & David, F. R. (2016). Strategic management: A competitive advantage approach, concepts and cases. Pearson–Prentice Hall Florence.

Daymon, C., & Holloway, I. (2010). Qualitative research methods in public relations and marketing communications. Routledge.

Fairuzi, A., Tutupoho, R. R., & Mustofa, A. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Public Relations Dalam Membangun Dan Mempertahankan Pola Hubungan Masyarakat. Epigram, 17(1), 43-50. https://doi.org/https://doi.org/10.32722/epi.v17i1.3351

Grunig, J. E., & Dozier, D. M. (2003). Excellent public relations and effective organizations: A study of communication management in three countries. Routledge. https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9781410606617/excellent-public-relations-effective-organizations-james-grunig-david-dozier-james-grunig

Kholisoh, N., & Yenita, Y. (2015). Strategi Komunikasi Public Relations dan Citra Positif Organisasi (Kasus Public Relations Rumah Sakit “X” di Jakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(3), 195-209. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/1459/1333

Lawrence, A. T., & Weber, J. (2013). Business and society: Stakeholders, ethics, public policy. Tata McGraw-Hill Education.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2010). Theories of human communication. Waveland press.

Mardiana, W., Hamim, H., & Widiyanto, K. (2017). Strategi komunikasi public relations Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur untuk meningkatkan citra di mata publik. Jurnal Representamen, 3(02). http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/representamen/article/download/1415/1185

Mulyana, D. (2016). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosda Karya.

Muslih, M. (2016). Filsafat Ilmu, Kajian Atas Asumsi Dasar, Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. LESFI.

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Graha Ilmu.

Novianti, E., Nugraha, A. R., & Sjoraid, D. F. (2020). Strategi Komunikasi Humas Jawa Barat Pada Masa Pandemi Covid19. Media Bina Ilmiah, 15(3), 4195-4200. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/735

Pranita, E. (2020). Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. KOMPAS GROUP. www.kompas.com.https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari

Ramadhan, M. I. (2020). Ini 4 Sektor Yang Paling Terpukul Covid-19. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/ekonomi/300402/ini-4-sektor-yang-paling-terpukul-covid-19

Rinata, A. R., & Sariniati, M. (2020). Strategi Marketing Public Relations Jawa Timur Park Group dalam Menjalin Good Relations dengan Stakeholders. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(2), 20-30. https://jkn.unitri.ac.id/index.php/jkn/article/view/53

Smith, R. D. (2017). Implementing the strategic plan. In Strategic Planning for Public Relations (pp. 337-362). Routledge.

Soyusiawaty, D. (2017). Strategi Humas Dalam Menjalin Good Relationship Dengan External Stakeholders UAD. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 8(5), 102-111.

Sugiyono, S. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suwanto, S. (2018). Pengantar Public Relations Kontemporer. Remadja Rosdakarya.

Triningtyas, D. A. (2016). Komunikasi antar pribadi. CV AE Media Grafik.

West, R. L., Turner, L. H., & Zhao, G. (2010). Introducing communication theory: Analysis and application (Vol. 2). McGraw-Hill New York, NY.

Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan dan strategi komunikasi dalam kegiatan pembangunan. Lentera, 17(1), 53-61. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/lj.v17i1.428

Wilcox, D. L., Ault, P. H., & Agee, W. K. (2006). Public relations: Strategies and tactics.

Yuliarti, M. S. (2020). Interaksi Sosial dalam Masa Krisis: Berkomunikasi Online Selama Pandemi COVID-19. Prosiding Nasional Covid-19, 15-20.


Article Metrics

Abstract has been read : 789 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v7i1.12377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats