PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIKDENGAN TEKNIK KUNJUNGAN KELAS

Authors

  • Ani Kadarwati IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i2.1034

Keywords:

Kualitas pembelajaran, supervisi akademik, kunjungan kelas

Abstract

Peranan Kepala Sekolah dalam mengelola sekolah merupakan hal yang mutlak dalam era industrialisasi, teknologi, dan globalisasi yang berkembang dewasa ini. Kepala Sekolah merupakan motor penggerak bagi sumber daya sekolah terutama guru dan peserta didik. Salah satu tindakan yang harus dilakukan adalah membimbing dan membina guru dalam kegiatan supervisi akademik, yang merupakan bantuan profesional kepada guru untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dalam proses pembelajaran.Supervisi akademik yang paling mudahdan sering dilakukan oleh Kepala Sekolah adalah supervisi akademikdengan teknik kunjungan kelas, yaitu Kepala Sekolah sebagai supervisor mengadakan kunjungan kelas pada saat guru mengajar di kelas. Selain itu, supervisi kunjungan kelas ini dapat dipergunakan untukmensupervisi semua guru yang ada di sekolah, baik untuk guru yang baru diangkat, guru pindahan dari sekolah lain, maupun guru senior yang sudah lama mengajar dan mempunyai banyak pengalaman mengajar, sehingga berdampak pada pengingkatan proses pembelajaran menjadi lebih baik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

08-12-2016

Issue

Section

Articles