PENINGKATAN DAYA BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS BERBANTUAN MEDIA POP ART PADA SISWA KELAS V SDN KLUMPIT KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i2.1031Keywords:
Berpikir Kritis, IPS, Media Pop-ArtAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya pikir kritis siswa berbantu media pop art pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Klumpit Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media Pop-Art
dapat meningkatkan daya berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN Klumpit Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat ditunjukkan pada hasil siklus I yaitu Jumlah siswa yang tuntas belajar adalah sebanyak 6 siswa atau sebesar 35,29% dengan rata-rata kriteria cukup. Pada hasil siklus II diperoleh bahwa terdapat 14 siswa (82,35%) yang tuntas, dan 3 siswa (17,64%) yang tidak tuntas (nilai ≤ 70). Hasil nilai dari siklus I ke siklus II siswa yang sudah tuntas mencapai ≥ 80% dari jumlah seluruh siswa. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media Pop-Art pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan daya berpikir kritis siswa kelas V SDN Klumpit Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017.