Analisis Efek Aliasing Pada Sinyal Audio Dengan Variasi Frekuensi Sampling Pada Lagu ‘Terhebat’
DOI:
https://doi.org/10.25273/electra.v5i1.21265Keywords:
Aliasing, Frekuensi Sampling, Sinyal Audio, Matlab, Teorema NyquistShannonAbstract
Aliasing merupakan fenomena yang terjadi dalam pengolahan sinyal digital, termasuk sinyal audio, ketika frekuensi sampling yang digunakan tidak mencukupi untuk merepresentasikan frekuensi tertinggi dalam sinyal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek aliasing pada sinyal audio dengan melakukan variasi frekuensi sampling pada lagu "Terhebat". Eksperimen dilakukan dengan menggunakan software MATLAB untuk memvisualisasikan dan menganalisis sinyal audio pada frekuensi sampling 11025 Hz, 22050 Hz, 44100 Hz, 88200 Hz, dan 32000 Hz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi sampling yang terlalu rendah, seperti 11025 Hz dan 22050 Hz, menyebabkan aliasing yang signifikan, ditandai dengan distorsi dan hilangnya detail frekuensi tinggi pada sinyal audio. Sebaliknya, frekuensi sampling yang terlalu tinggi, seperti 88200 Hz, tidak memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kualitas audio. Frekuensi sampling 44100 Hz, yang umum digunakan dalam CD audio, menghasilkan kualitas audio yang baik dengan efek aliasing yang minimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemilihan frekuensi sampling yang tepat sangat penting untuk menghindari efek aliasing dan mempertahankan kualitas sinyal audio yang baik.
Downloads
References
E. Zamiri, A. Sanchez, M. S. Martínez-García, and A. de Castro, “Analysis of the aliasing effect caused in hardware-in-the-loop when reading PWM inputs of power converters,” International Journal of Electrical Power & Energy Systems, vol. 136, p. 107678, Mar. 2022, doi: 10.1016/j.ijepes.2021.107678.
Á. Navarro-Rodríguez, P. García, and J. M. Guerrero, “Introduction to digital sampled systems and nyquist sampling theorem,” in Encyclopedia of Electrical and Electronic Power Engineering, J. García, Ed., Oxford: Elsevier, 2023, pp. 652–656. doi: 10.1016/B978-0-12-821204-2.00127-6.
C. R. Putri et al., “Program Studi S1 Sistem Telekomunikasi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta 2024”.
I. Febriana, “Simulasi Akuisisi Sinyal Suara Dengan Menggunakan MATLAB”.
C. Moler and J. Little, “A history of MATLAB,” Proc. ACM Program. Lang., vol. 4, no. HOPL, pp. 1–67, Jun. 2020, doi: 10.1145/3386331.
“Introduction to MATLAB | SpringerLink.” Accessed: Sep. 25, 2024. [Online]. Available: https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-981-10-8321-1_1
H. Nabila, “Pengaruh Frekuensi Sampling Terhadap Waktu dan Akurasi Penentuan Lokasi Menggunakan Metode TDOA Multilaterasi,” 2021.
G. Ariyanto, N. Nurgiyatna, and E. Sudarmilah, “Implementasi Filter Digital Finite Impulse Response Metode Penjendelaan Blackman pada DSP TMS320C6711,” Emitor: Jurnal Teknik Elektro, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Apr. 2018, doi: 10.23917/emitor.v2i2.5994.
H. Santoso and M. F. M. Fakhriza, “PERANCANGAN APLIKASI KEAMANAN FILE AUDIO FORMAT WAV (WAVEFORM) MENGGUNAKAN ALGORITMA RSA,” Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2018, doi: 10.30829/algoritma.v2i1.1615.
T. B. Santoso, H. Mahmudah, and N. A. Siswandari, PRAKTIKUM SINYAL DAN SISTEM. 2010.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by ELECTRA Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to ELECTRA Journal.
ELECTRAÂ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
Â