Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAS) Berbasis Website

Muhamad Solahudin

Abstract


Abstrak

Sistem Informasi Akademik adalah salah-satu aplikasi yang dirancang untuk kebutuhan pengolahan data administratif sekolah dengan tujuan supaya data akademik lebih terkelola dengan baik dalam pengambilan keputusan di lingkungan sekolah. MTs.Arrahmah Sukaraja tempat penulis melakukan penelitian, belum memanfaatkan perkembangan teknologi secara maksimal dalam pengolahan data akademik seperti data siswa/i, nilai harian/ujian, serta raport siswa/i  yang masih belum terintegrasi dengan sistem karena belum adanya sistem yang menampung tentang data  akademik tersebut. Selain itu media pengumuman dilakukan dengan cara menempel selebaran (pamflet) pada mading, serta penyimpanan data-data akademik yang juga masih berbentuk arsip sehingga sulit untuk melakukan pencarian data. Hal tersebut dirasa kurang efektif dalam suatu pengelolaan manajemen sekolah, mengingat dari perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi akademik sekolah berbasis web dengan menggunakan metode waterfall. Dalam pembangunan yang nantinya menghasilkan aplikasi siakad berbasis web ini diharapkan dapat lebih membantu dalam pengelolaan data akademik sehingga lebih efektif lagi. Siswa/i dapat lebih mudah dalam mengakses dan melihat nilai, materi pembelajaran ataupun informasi-informasi seputar aktivitas sekolah pada aplikasi akademik berbasis web tersebut, dan dapat diterapkan baik di sekolah tempat penulis melakukan penelitian, ataupun sekolah lain yang membutuhkan.

Kata Kunci : Siakad, Sekolah, Website, php, mysql


Keywords


Siakad, Sekolah, Website, php, mysql

Full Text:

PDF

References


Achmad Solichin. S.Kom. (2016). Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL - Achmad Solichin - Google Buku. Universitas Budi Luhur, June, 122.

Bonafix, D. N. (2010). Peranan Web Desain dalam Internet. Humaniora, 1(2), 196. https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2861

Gerebtzoff, M. A. (1966). Détection histochimique d’isoenzymes de la lactate deshydrogénase dans de le nerf et le ganglion spinal. Comptes Rendus Des Seances de La Societe de Biologie et de Ses Filiales, 160(6), 1323–1325.

Irnawati, O., & Darwati, I. (2020). Penerapan model waterfall dalam analisis perancangan sistem informasi inventarisasi berbasis web. Teknologi Dan Sistem Informasi, 6(2), 109–116.

Nilhuda, L. (2019). Sistem Informasi Manajemen. https://doi.org/10.31227/osf.io/v7zqx

Rakasiwi. (2013). Perangkat Lunak Bantu Sistem Penentuan Prestasi Karyawan Pt. Telkom Divre Iv Semarang. Ebisnis, 6(2), 11–18.

Riyanto, S., & Fatim Nugrahanti, dan. (2018). Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika. In Journal of Computer and Information Technology E-ISSN (Vol. 1, Issue 2). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick

Smk, D. I., & Yogyakarta, P. (2018). Sekolah tinggi manajemen informatika dan ilmu komputer. 1–14.

Suhartanto, M. (2012). Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu Dengan Menggunakan Php Dan Mysql. Jurnal Speed, 4(1), 1–8.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, October, 1–5.


Article Metrics

Abstract has been read : 13356 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v4i2.8315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By.

 

   

   

 

Kantor Sekertariat:
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
E-mail :  doubleclick@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats