Sistem Informasi Akademik di SMK Purnama Bakti Berbasis Java

Bustomi Abdul Goni

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah penerapan teknologi informasi saat ini telah menyebar hampir disemua bidang guna menunjang aktivitas sehari-hari, baik dalam dunia pendidikan, bisnis, hiburan, pemerintahan, dan lain sebagainya. Peningkatan kemampuan bersaing salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi pada SMK Purnama Bakti dalam pengolahan data akademiknya masih menggunakan sistem komputerisasi sederhana yaitu Microsoft Excell, sehingga memungkinkan banyak sekali kesalahan dalam pengolahan data akademik, hal tersebut dapat menghambat pelayanan akademik terhadap siswa-siswa dan guru serta mengakibatkan kesulitan dalam pencarian data dan menyita banyak waktu dalam pembuatan laporan. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasi sistem informasi akademik di SMK Purnama Bakti sehingga dapat mempermudah dalam pengolahan data akademik seperti data siswa, data guru, data nilai, data jabatan, data absensi, dan data mata pelajaran serta dapat mengatasi masalah yang ada. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode waterfall, dimana dalam pengumpulan data, dilakukan dengan observasi  dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi akademik yang dapat membantu mempercepat kinerja sekolah serta memudahkan sekolah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara tepat, cepat, dan akurat.


Keywords


Sistem, Informasi Akademik, SMK Purnama Bakti, Java.

Full Text:

PDF

References


Anam, K dan Asep, T. .. 2018. “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Mi Al-Musyidiyyah Al-Asyirotussyafi’iyyah.” Jurnal Teknik Informatika 11(2).

Ardhiansyah, A. I dan Mamay, S. 2017. “Sistem Informasi Pengolahan Sertifikat Berbasis Web Di Divisi Training Seamolec.” JMII 2(1).

Al Fatta, H. 2007. Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan Dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi Offset.

Homaidi, A. 2016. “Sistem Informasi Akademik AMIK Ibrahimu.” Jurnal Ilmiah Informatika 1(1):17:23.

Jogiyanto. 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wanti, Rahayu. 2019. “Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Pada SMK Citra Dharma Berbasis JAVA.” Jurnal Teknologi Informasi 5(2):86–92.

Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasia. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Article Metrics

Abstract has been read : 622 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks



Copyright (c) 2021 DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By.

 

   

   

 

Kantor Sekertariat:
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
E-mail :  doubleclick@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats