Pengaruh Penugasan Dimensi Tiga Berbantuan Cabri 3D terhadap Hasil Belajar Dimensi Tiga di Kota Pasuruan

Authors

  • Majida Noviyanti Program Studi Teknik Informatika STMIK Yadika Bangil
  • Hari Moerti Program Studi Teknik Informatika STMIK Yadika Bangil

DOI:

https://doi.org/10.25273/doubleclick.v2i2.3814

Keywords:

Pembelajaran, Matematika, Dimensi Tiga, CABRI 3D

Abstract

Dalam pengajaran Dimensi Tiga, visualisasi diperlukan untuk membangun pemahaman konseptual siswa. Aplikasi Cabri 3D merupakan program yang bersifat komputer grafis. Pada Cabri 3D, siswa dapat membuat bangun ruang yang diinginkan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-postfacto dengan jenis penelitian korelasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Spearman. Pengumpulan data dalam penelitian ini bersumber dari siswa dengan menggunakan dokumentasi penskoran penugasan dan instrumen tes evaluasi hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA di Kota Pasuruan Tahun Ajaran 2018 – 2019 yang berjumlah 864 sehingga diperoleh sampel sebanyak 277 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penugasan berbantuan Cabri 3D dengan hasil belajar siswa pada materi Dimensi Tiga, dimana nilai 14r">  sebesar 0,679 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang tinggi antara penugasan berbantuan dimensi tiga berbantuan CABRI 3D dengan hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

15-02-2019

Issue

Section

Articles