Pengaruh Penugasan Dimensi Tiga Berbantuan Cabri 3D terhadap Hasil Belajar Dimensi Tiga di Kota Pasuruan
Abstract
Dalam pengajaran Dimensi Tiga, visualisasi diperlukan untuk membangun pemahaman konseptual siswa. Aplikasi Cabri 3D merupakan program yang bersifat komputer grafis. Pada Cabri 3D, siswa dapat membuat bangun ruang yang diinginkan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-postfacto dengan jenis penelitian korelasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Spearman. Pengumpulan data dalam penelitian ini bersumber dari siswa dengan menggunakan dokumentasi penskoran penugasan dan instrumen tes evaluasi hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA di Kota Pasuruan Tahun Ajaran 2018 – 2019 yang berjumlah 864 sehingga diperoleh sampel sebanyak 277 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penugasan berbantuan Cabri 3D dengan hasil belajar siswa pada materi Dimensi Tiga, dimana nilai 14r"> sebesar 0,679 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang tinggi antara penugasan berbantuan dimensi tiga berbantuan CABRI 3D dengan hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga
Keywords
Pembelajaran, Matematika, Dimensi Tiga, CABRI 3D
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract has been read : 457 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v2i2.3814
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By.
Kantor Sekertariat:
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16 Kota Madiun 63118
E-mail : doubleclick@unipma.ac.id
E-mail : doubleclick@unipma.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.