Desain UI/UX Aplikasi Simponi Mobile Menggunakan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.25273/doubleclick.v8i2.20940Keywords:
, User Interface, User Experience, Design Thinking, Aplikasi Simponi, Kepuasan Pengguna.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang antarmuka pengguna (UI) aplikasi Simponi Mobile berdasarkan pengalaman pengguna (UX) menggunakan metode Design Thinking. Latar belakang penelitian ini didasari oleh hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan tingkat kepuasan pengguna yang rendah terhadap aplikasi Simponi mobile. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil analisis data digunakan untuk merancang prototype UI baru yang kemudian diuji kembali menggunakan kuesioner UEQ. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan signifikan pada semua skala UEQ, menandakan peningkatan UX aplikasi Simponi. Prototype desain akhir diserahkan kepada Unit Pelaksana Teknis Sistem Informasi (UPT SI) sebagai bahan pertimbangan untuk pengembangan aplikasi selanjutnya.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Â