Desain UI/UX Aplikasi Simponi Mobile Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Robet Bangun Legato Universitas Multi Data Palembang
  • Fransiska Prihatini S Universitas Multi Data Palembang

DOI:

https://doi.org/10.25273/doubleclick.v8i2.20940

Keywords:

, User Interface, User Experience, Design Thinking, Aplikasi Simponi, Kepuasan Pengguna.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang antarmuka pengguna (UI) aplikasi Simponi Mobile berdasarkan pengalaman pengguna (UX) menggunakan metode Design Thinking. Latar belakang penelitian ini didasari oleh hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan tingkat kepuasan pengguna yang rendah terhadap aplikasi Simponi mobile. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil analisis data digunakan untuk merancang prototype UI baru yang kemudian diuji kembali menggunakan kuesioner UEQ. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan signifikan pada semua skala UEQ, menandakan peningkatan UX aplikasi Simponi. Prototype desain akhir diserahkan kepada Unit Pelaksana Teknis Sistem Informasi (UPT SI) sebagai bahan pertimbangan untuk pengembangan aplikasi selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

28-02-2025