Penerapan Algoritma Apriori Untuk Prediksi Pola Penjualan Pada Micro Electronic

Authors

  • Sylvia Steffi Universitas Widya Dharma Pontianak
  • Jonatan Kristian Universitas Widya Dharma Pontianak
  • Feliks Trinidat Orpa Universitas Widya Dharma Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.25273/doubleclick.v8i1.20233

Abstract

Dengan semakin banyaknya kegiatan penjualan produk elektronik, jumlah data penjualan produk elektronik semakin bertambah banyak seiring waktu. Akibatnya, data hanya berfungsi sebagai arsip bagi toko Micro Electronic sehingga data penjualan yang besar ini tidak digunakan secara maksimal karena belum adanya sistem pendukung keputusan dan metode yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan stok produk dalam meningkatkan penjualan. Kemampuan untuk memprediksi pola penjualan secara akurat sangat penting untuk kesuksesan perusahaan di pasar ritel elektronik yang kompetitif. Dalam penelitian ini, algoritma apriori digunakan untuk memprediksi pola penjualan Micro Electronic di Singkawang. Dengan menggunakan data penjualan selama dua bulan (Januari-Februari 2024), penelitian ini mengidentifikasi hubungan antara barang-barang yang sering dibeli bersama. Penelitian menunjukkan bahwa algoritma apriori dapat membantu dalam menemukan kombinasi produk populer, mengoptimalkan inventaris, dan meningkatkan profitabilitas toko. Beberapa metode yang digunakan meliputi pengumpulan, pembersihan, integrasi, seleksi, transformasi, mining, evaluasi pola, dan presentasi pengetahuan. Dengan minimum support sebesar 20%, ditemukan bahwa pelanggan yang membeli lampu LED juga cenderung membeli steker dengan tingkat confidence sebesar 35,05% atau sebaliknya dengan tingkat confidence sebesar 53,69%. Penelitian ini menunjukkan algoritma apriori memiliki potensi besar dalam hal ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif Firmansyah, & Nita Merlina. (2020). Prediksi Pola Penjualan Tiket Kapal Pt. Pelni Cabang Makassar Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 5.

Erma Delima Sikumbang. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer, 4(1).

Mohammad Badrul. (2016). Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XII.

Puput Iswandi, Inggih Permana, & Febi Nur Salisah. (2020). Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Hypermart Xyz Lampung Untuk Penentuan Tata Letak Barang. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 6.

Rahmawati, F., Merlina, N., Mandiri, N., Jl, J. ;, Damai, N., & Barat, W. J. (n.d.). Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori.

Saputra, R., & Sibarani, A. J. P. (2020). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat (Vol. 7, Issue 2). http://jurnal.mdp.ac.id

Silalahi, N. (2020). Penerapan Data Mining Dalam Prediksi Penjualan Prabot Rumah Tangga Menggunakan Metode Apriori Pada Toko Hasanah Mart. Technology and Science (BITS, 2(1).

Sophia, D., & Yuniar Banowosari, L. (2017). Implementasi Metode Aturan Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Di Waroeng Spesial Sambal The Implementation Of Association Rule Method Using Apriori Algorithm In The Purchase Transaction At Waroeng Spesial Sambal. In Jurnal Informatika dan Komputer (Vol. 22, Issue 1).

Sussolaikah, K. (2021). Market Basket Analysis for Determination of Consumer Behavior at XYZ Stores Using R Programming. Advance Sustainable Science, Engineering and Technology, 3(2), 0210206. doi:https://doi.org/10.26877/asset.v3i2.8547

Wijaya, H. O. L., S, A. A. Tri., Armanto, A., & Sari, W. M. (2022). Prediksi Pola Penjualan Barang pada UMKM XYZ dengan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(4), 432. https://doi.org/10.30865/json.v3i4.4200

Yetri, M., Yakun, S., Stmik, E., & Dharma, T. (2018). J-SISKO TECH Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD Data Mining Untuk Analisis Pola Pemilihan Menu Pada Penang Corner Cafe Dan Resto Menggunakan Algoritma Apriori. ï®, 114(2), 114–123.

Downloads

Published

31-08-2024