Pembuatan Game Matematika Perkalian dengan Metode Game Development Life Cycle

Authors

  • Abiel Bagas Satrio Jati Universitas Amikom Yogyakarta
  • Caraka Aji Pranata Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/doubleclick.v8i2.18103

Keywords:

GDLC, Unity, Matematika, Game edukasi

Abstract

Media pembelajaran pada era modern ini terdapat berbagai macam, salah satunya berbentuk game atau permainan kuis dan dapet diakses secara online melalui website. Matematika merupakan salah satu pembelajaran yang penting dalam kurikulum pendidikan sekolah dasar. Oleh, karena itu dibutuhkan sarana pembelajaran yang menarik namun sederhana agar meningkatkan minat siswa sekolah dasar untuk belajar matematika. Dalam perancangan dan pengembangan game diperlukan sebuah metode yang biasa disebut Game Development Life Cycle (GDLC). Game edukasi matematika perkalian ini akan menggunakan Unity dan Adobe Illustrator sebagai sarana perancangan dan pengembangan game. Game edukasi ini akan berbentuk kuis yang memiliki teks dan user experience (UI) yang sederhana namun menarik. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game edukasi matematika perkalian yang dibuat melalui metode Game Development Life Cycle dan menggunakan software Unity.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Abiel Bagas Satrio Jati, Universitas Amikom Yogyakarta

Nama saya Abiel Bagas Satrio Jati. Saya lahir di Yogyakarta 12 April 2003. Saat ini saya adalah mahasiswa aktif di Universitas Amikom Yogyakarta. Nomor telpon saya adalah 0813929400580. Email saya adalah abielbagas@students.amikom.ac.id

References

Adrian, Q. J., & Apriyanti, A. (2019). GAME EDUKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK SD KELAS 1 DAN 2 BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknoinfo, 13(1). doi: 10.33365/jti.v13i1.159

Albari, F. B., Abulkhoir, M. A., Augustianingrum, N. K., & Ananda, R. (2021). Potensi Kompetensi Keahlian Baru di Bidang Game pada Tingkat SMK. JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI KEJURUAN, 4(3). doi: 10.24036/jptk.v4i3.15423

Damastuti, F. A., Aditama, D., Basofi, A., Nurindiyani, A. K., Mawaddah, S., Mufid, M. R., Chafid, M., Wibowo, A., Majid, N. S., Nuriyah, R., Sa’diyah, S. M., Afandi, Y., Damayanti, R. A., Rahmawati, A., Firhanudin, B., Afifah, R. S., & Nabilah, S. T. A. (2022). Sosialisasi Game Edukasi TOGA sebagai Media Pembelajaran Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di SDN 3 Made Lamongan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4). doi: 10.54082/jamsi.416

Dirgantara, H. B., Lesmana Marselino, T., & Ery Kurniawati, Y. (2023). Kajian Literatur Kurikulum E-sport dan Perkembangan Industri Game. KALBISCIENTIA Jurnal Sains Dan Teknologi, 10(1). doi: 10.53008/kalbiscientia.v10i1.1799

Faqih, M. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN PUISI. KONFIKS JURNAL BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 7(2). doi: 10.26618/konfiks.v7i2.4556

Fauzy, S. R. (2023). IMPLEMENTASI GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE DALAM PEMBUATAN GAME BUANA RUH. INDEXIA, 5(01). doi: 10.30587/indexia.v5i01.5215

Haas, J. K. (2014). A History of the Unity Game Engine. Worcester Polytechnic Institute.

Hakim, D. L., & Sari, R. M. M. (2019). APLIKASI GAME MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG MATEMATIS. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). doi: 10.30870/jppm.v12i1.4860

Krisdiawan, R. A. (2018). Implementasi Model Pengembangan Sistem Gdlc Dan Algoritma Linear Congruential Generator Pada Game Puzzle. Nuansa Informatika, 12(2).

Kurniawan, R. R., Harliana, P., & -, K. (2022). Aplikasi Pengenalan Nama Benda dalam Bahasa Jepang dengan Metode GDLC Berbasis Android. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Komputer Terapan (JIKSTRA), 4(1). doi: 10.35447/jikstra.v4i1.457

Latumaerissa, D. E. (2021). Studi Ekstraksi Fitur Data Teks Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Memanfaatkan Model Word2Vec. Jurnal Linguistik Komputasional (JLK), 4(2). doi: 10.26418/jlk.v4i2.54

Ma’ruf, F. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Flash Sebagai Sarana Belajar Siswa PAUD. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3). doi: 10.54371/ainj.v2i3.68

Moch. Kholil, Rafika Akhsani, & Kristinanti Charisma. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pilah Sampah berbasis Android 2 Dimensi. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 1(1). doi: 10.46510/jami.v1i1.9

Prasetyo, R. M. M., Syaputra, H., Cholil, W., & Sauda, S. (2021). Rancang Dan Bangun Game Edukasi Anak-Anak Berbasis Android Dengan Unity Menggunakan Metode Game Development Life Cycle. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 2(2). doi: 10.47747/jurnalnik.v2i2.526

Saputra, A. A., Putra, F. N., & Yusron, R. D. R. (2022). Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Menggunakan Metode Game Development Life Cycle ( GDLC ) Berbasis Android. Journal Automation Computer Information System, 2(1).

Saputro, N. (2020). Apa itu Adobe Illustrator? Nesabamedia.

Satrya, R. (2019). Rancang Bangun Game Android Adventure Fight Hoax dengan Unity Menggunakan Metode Finite State Machine. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 3(1), 35–40. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick/article/view/5007

Setiawan, D., & Ari, F. R. R. (2021). Pemanfaatan Formal element dan Dramatic element pada Pembuatan Game mini Battle Royale “Genius Hero.†DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 4(2), 79–87. doi: 10.25273/DOUBLECLICK.V4I2.6779

Simarmata, J., Siregar, D., Hendraputra, S., Samosir, R. K., Yuswardi, Sulaiman, O. K., Benedict, E., Fadhillah, Y., Wagiu, E. B., Jamaludin, Siregar, M. N. H., Ardiana, D. P. Y., & Haeruddin. (2021). Teknologi informasi dan multimedia. In Yayasan Kita Menulis.

Siregar, M. R., & Nelmiawati, N. (2020). Game 3D “Lawan Narkoba†Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC). JOURNAL OF APPLIED MULTIMEDIA AND NETWORKING, 4(1). doi: 10.30871/jamn.v4i1.1634

Solihin, M. D., & Trianasari, A. (2022). Kumpulan Permainan Tradisional Dalam Bentuk Video Game Berbasis Android Berjudul Traditional Olympic. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 4(2). doi: 10.55886/infokom.v4i2.306

Sutmo, F., Dewanto, B. A., Mulyadi Mucoffa, M. A., Kurniawan, Y. I., & Wijayanto, B. (2023). Math Runner: Game Edukasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(4). doi: 10.52436/1.jpti.286

Syarif, S., Hasanuddin, T., & Hasnawi, M. (2022). Perancangan Game Puzzle Labirin menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) berbasis Unreal Engine. Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam, 3(1). doi: 10.33096/busiti.v3i1.582

Tuti, H. (2022). RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BERBASIS UNITY. JURNAL TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA, 109–120. doi: 10.34151/technoscientia.v14i2.3628

Vitianingsih, A. V. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1). doi: 10.25139/inform.v1i1.220

Wahyu, S. (2022). PENERAPAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA PENGEMBANGAN APLIKASI GAME PEMBELAJARAN BUDI PEKERTI. SKANIKA, 5(1). doi: 10.36080/skanika.v5i1.2904

Yulianti, A., & Ekohariadi, E. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jurnal IT-EDU, 5(1).

Yusuf Ansori, Juniardi Nur Fadila, & Fressy Nugroho. (2021). Pembuatan Game 2D Susun Terjemah Kosa Kata Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Library A* Karya Aron Granberg. Jurnal Informatika Polinema, 7(4). doi: 10.33795/jip.v7i4.698

Published

28-02-2025