Perancangan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Anak
DOI:
https://doi.org/10.25273/doubleclick.v8i1.16290Keywords:
Augmented Reality (AR), Application, Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Method, Vuforia, Unity 3D.Abstract
Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang mempertunjukkan dunia nyata dengan objek maya dengan cara menggabungkan objek maya dua dimensi maupun tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu diproyeksikan secara real time. Augmented Reality (AR) dapat dimanfaatkan untuk perancangan aplikasi sebagai media pembelajaran anak. Dengan penggunaan AR ini tentunya akan memberikan suasana interaktif dan real-time sehingga meningkatkan minat dan ketertarikan anak untuk belajar. Maka dari itu peneliti melakukan Perancangan Augmneted Reality Sebagai Media Pembelajaran Anak. Untuk terlaksannya penelitian ini, peneliti menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Serta, dengan menggunaka beberapa alat dan berupa Hardware Laptop/Komputer dan Smartphone dengan software seperti Vuforia, Photoshop, WAV, Figma dan Unity 3D. Dengan hasil penelitian berupa aplikasi yang memanfaatkan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Anak mengenai pengenalan objek sekitar.
Downloads
References
Aprilia, N., & Rosnelly, R. (n.d.). Aplikasi media pembelajaran pengenalan angka dan huruf untuk anak usia dini menggunakan augmented reality berbasis android.
Destiani, D., Fatimah, S., Latifah, A., & Haniyah, H. (n.d.). Implementasi augmented reality sebagai media pembelajaran kata benda bahasa arab pada siswa sekolah dasar islam terpadu. https://jurnal.itg.ac.id/
Fathoni, K., Setiowati, Y., & Muhammad, R. (2020). Rancang bangun aplikasi modul pembelajaran satwa untuk anak berbasis mobile augmented reality. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4(1), 32. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1797
Latifah, A., Setiawan, R., & Muharam, A. (2021). Augmented reality dalam media pembelajaran tata cara berwudhu dan tayamum. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 10(3), 167. https://doi.org/10.23887/janapati.v10i3.40869
Nurmanto, D. (2020). Pemanfaatan augmented reality dalam aplikasi magic book pengenalan profesi untuk pendidikan anak usia dini. In Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) (Vol. 1, Issue 1). http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
Rahman, R. F., & Haryanto, E. V. (n.d.). Perancangan media pembelajaran metamorfosis serangga menggunakan augmented reality berbasis android. Perancangan Media Pembelajaran … 1049.
Riskiono, S. D., Susanto, T., & Kristianto, K. (2020). Augmented reality sebagai media pembelajaran hewan purbakala. Krea-TIF, 8(1), 8. https://doi.org/10.32832/kreatif.v8i1.3369
Rizqi Hidayah Adryansyah, M., Aprilia Quiroz, P., Ilham Zuhdi, M., & Sutabri, T. (2023). Perancangan multimedia teknologi virtual reality dan augmented reality sebagai media pameran digital. In Technologia (Vol. 14, Issue 3). https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JIT
Sanderzon Makapedua, C., Wonggo, D., Komansilan, T., Pendidikan, J., Informasi, T., Komunikasi, D., & Teknik, F. (2021). Pengembangan media pembelajaran pengenalan hewan berbasis augmented reality untuk anak usia dini. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Vol. 1, Issue 4).
Sifana, T., Rismayanti, A., Tri, D., Prasetyo, F., Abdul, J. K. H., No, H., & 103, M. 45418. (n.d.). Penerapan teknologi augmented reality sebagai media pengenalan kampus berbasis android dengan menggunakan metode multimedia development life cycle.
Suciliyana, Y., Ode Abdul Rahman, L., Komunitas, K., Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, F., Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar, D., & Ilmu Keperawatan, F. (n.d.). Augmented reality sebagai media pendidikan kesehatan untuk anak usia sekolah. 2(1), 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Â