Analisis Kepuasan Pengguna Media Sosial Pembelian Produk Tukukebaya.Id Dengan Metode UTAUT
DOI:
https://doi.org/10.25273/doubleclick.v8i1.15767Keywords:
Tukukebaya.id, UTAUT, User SatifactionAbstract
Tukukebaya.id menggunakan WhatsApp untuk melakukan operasional komersial, termasuk pemesanan produk, yang dapat dilakukan menggunakan nomor Whatsapp yang disebutkan dalam biografi Instagram publik. Ia juga memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk mempromosikan layanannya. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah konsumen selalu bertambah sehingga menimbulkan permasalahan seperti pesanan yang tidak terbaca dan kesalahan dalam ringkasan pesanan. Hal ini disebabkan sistem pesan masuk WhatsApp terus-menerus diubah sehingga menyebabkan pesan-pesan lama digantikan dengan pesan-pesan baru sehingga meninggalkan pesanan pelanggan yang belum terbaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna media sosial di Tukukebaya.id berdasarkan isu yang ada saat ini. Teknik UTAUT digunakan dalam penelitian ini, dan mencakup enam faktor yang diuji: ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, niat berperilaku, dan perilaku penggunaan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat hipotesis—hipotesis ketiga, hipotesis keempat, hipotesis keenam, dan hipotesis ketujuh—yang berkorelasi. uji validitas dan reliabilitas seluruh variabel yang telah dievaluasi nilainya valid dan reliabel telah selesai.
Downloads
References
Gani, A. Ghobadi. (2020). Sejarah dan perkembangan internet di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 5(2).
Hilabi, Shofa Shofiah., Priati. (2018). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Aplikasi Media Sosial Whatsapp Mobile Online. Jurnal Buana Ilmu, 3(1).
Ishak, Riswandi., Widyastuti, Handini., Setiaji. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Kue dan Roti Berbasis Web Pada Yuki Bakery Jakarta. Jurnal Swabumi, 6(1).
Jannah, Izma Fazlun., Djakfar, Inayatillah., Dianah, Azimah. (2020). Pengaruh Kualitas Digital Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BNI Syariah Cabang Banda Aceh. JIHBIZ, 2, No. 1.
Maulana, Ade., Bagiono, B. Judi. (2020). Sistem Informasi Jasa Laundry Kiloan Menggunakan Program Visual Studio 2010. Jurnal Visualika, 6(2).
Muchlis., Christian, Andi., Sari, M. Puspa. (2019). Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik Pada STMIK Prabumulih. Jurnal Eksplora Informatika, 8(2).
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial Prespektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Nugraha, Adi., Ifmaily., Burhan, Ida Rahmah., Asyari, Dian Paramitha., Hasnah, Fadhilatul. (2022). Evaluasi Penggunaan SIMRS dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM) di RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh. Ilmu Kesehatan, 6(2).
Nuhayah, Suhani., Sulaiman, Han., Saragih, T. Kurniawaty. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi K Klaim Kesehatan Pada PT. ASTRA Credit Company Cabang Depok berbasis Java Desktop. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2).
Prasetyo, Muhamad Awiet Wiedanto., Setyaningsih, Gustin, Bachtiar, Rizky Bangkit., Saputri, Devi Yunita. (2022). Tuan Desa Application Menggunakan Metode Topsis Sebagai Penentuan Rencana Kerja Pembangunan Kerja. Sains & Teknologi, 11(1).
Priambada, Swasta. (2017). Potensi Media Sosial Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Malang Raya. Seminar Nasional Sistem Infotmasi Indonesia (SESINDO).
Rizkinaswara, L. (2019). Penggunaan Internet di Indonesia. Kominfo. https://aptika.kominfo.go.id/2019/08/penggunaan-internet-di-indonesia/
Social, W. A. (2022). Digital 2022 Indonesia. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/
Suherdy, Anton Zacharia., Ainun, Siti., Halomoan, Niko. (2019). Perancangan Alat Penilaian untuk Pengembangan TPS Menjadi TPS 3R Di Wilayah Perencanaan IV Kota Bogor. Jurnal Reka Lingkungan, 7(1).
Suryaningsih, E. D. dan S. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota KJRS KUM3 Rahmat Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 1, 55–54.
Widodo, Muhtarom., Irawan, Muhammad Isa., Ambarwati, Rita. (2019). Extending UTAUT2 to Explore Digital Wallet Adoption in Indonesia. International Conference on Information and Communications Technology, ICOIACT 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Â