Penerapan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Point Of Sales Pada Toko Buku Fatih Bookstore

Authors

  • Rahmanto Rahmanto Universitas Indraprasta PGRI
  • Mei Lestari Universitas Indraprasta PGRI
  • Agus Darmawan Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.25273/doubleclick.v8i1.15687

Keywords:

Apriori, Point Of Sales (POS), Support, Confidence, Kombinasi

Abstract

Fatih bookstore ingin meningkatkan proses transaksi yaitu dengan memberikan rekomendasi produk kepada pelanggan dengan memanfaatkan data transaksi yang ada dan menganalisis kebiasaan pelanggan dalam melakukan pembelian buku. Dengan memberikan rekomendasi produk berdasarkan frekuensi pembelian, pem-beli tentu saja lebih tertarik berbelanja. Untuk itu, algoritma apriori menjadi solusi terkait peningkatan proses transaksi. Cara kerja apriori ini yaitu menentukan aturan kombinasi suatu item dengan cara menghitung antara nilai support dan confidencenya. Dengan cara ini diharapkan aplikasi yang dibuat dapat memuncul-kan rekomendasi produk berdasarkan perhitungan nilai frekuensi suatu produk dengan produk lainnya yang dilakukan oleh pelanggan. Hasil akhir pemanfaatan apriori ini menjadi suatu asosiasi produk-produk tertentu berdasarka riwayat pem-belian seluruh pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhyiy, H. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Rekomendasi Produk Menggunakan Algoritma Apriori Studi Kasus Toko Al-Veera Jember. (Skripsi). Program Sarjana Komputer, Institut Bisnis dan Informatika Stikom, Surabaya.

Budiyasari, V.N. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Sepatu Dengan Menggunakan Algoritma Apriori. (Skripsi). Program Sarjana Komputer, Universitas Nusantara PGRI, Kediri.

Takdirillah, R. (2020). Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap Data Transaksi Sebagai Pendukung Informasi Strategi Penjualan. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(1), 37-46.

Elisa, E. (2018). Market Basket Analysis Pada Mini Market Ayu Dengan Algoritma Apriori. Jurnal Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi (RESTI), 2(2), 472-478

Gumilang, J.R. (2020). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Konter Berbasis Web. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 1(2), 226-233.

Siregar, H.F., Yustria, H.S., Melani. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113-121.

Firmansyah, A., M, I.W., Ben, R. (2021). Penerapan Metode Data Mining Pada Point Of Sale Berbasis Web Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(3), 1158-1165.

Dhika, H., Nasrulloh, I., M, Tofan. (2019). Manajemen Villa Menggunakan Java Netbeans dan MySQL. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 3(2), 104-110.

Sikumbang, E.D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer, 4(1), 156-161.

Hertyana, H., Annisa, D., Eva, R., Elly., M. (2021). Implementasi Algoritma Apriori dalam Meningkatkan Strategi Penjualan Toko Miring. Jurnal Media Informasi Analisa dan Sistem (MEANS), 6(2), 158-163.

Putri, A. (2021, August 25). Apa itu Java? Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnya. Retrieved January 9, 2022, from https://www.niagahoster.co.id/blog/java-adalah/

Anonim. (2022, April 28). Sejarah Aplikasi Point of Sales dan Perkembangannya. Retrieved January 9, 2022, from https://www.kosta-consulting. com/blog/aplikasi-point-of-sales/

Downloads

Published

31-08-2024