Perancangan Game Edukasi Mengenalkan Macam – Macam Adab Untuk Membentuk Perilaku Baik Pada Anak

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25273/doubleclick.v7i2.15343

Keywords:

perilaku, anak, adab, rancangan, game

Abstract

Berperilaku baik orang akan dipandang sebagai anak soleh solehah. Dengan begitu awal mulainya berperilaku baik yaitu dari adab. Namun dengan perkembangan zaman yang sudah serba teknologi, anak anak lalai dalam mempelajari ilmu adab dikarenakan banyak macam aplikasi yang membuat anak kecanduan contohnya game yang menguras waktu dan tidak dapat mengedukasikan maupun memperlambat perkembangan anak. Maka dari itu buatlah game edukasi, game edukasi merupakan permainan yang dapat mengedukasikan atau mendidik dan pengertian lainnya yaitu permainan yang dapat memotivasi dalam meningkatkan pemahaman anak terhadap pembelajaran yang dipelajari. Dari permasalahan yang ada peneliti membuat rancangan game edukasi mengenalkan macam – macam adab untuk membentuk perilaku baik pada anak. Metode yang digunakan yaitu deskriptif untuk mengumpulkan informasi mengenai masalah yang diteliti. Perancangan game edukasi ini berisikan adab yang sesuai dengan ajaran Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah, Abd Karim. 2020. “Keutamaan Ilmu Dan Adab Dalam Persefektif Islam.†AT-TA’LIM Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam 2(1): 33–46. ww.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id.

Aprilianto, Andika, and Wahyuni Mariana. 2018. “Permainan Edukasi (Game) Sebagai Strategi Pendidikan Karakter.†Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 1(1): 139–58.

Atmojo, Ahmad Muslih, Rahma Lailatus Sakina, and Wantini Wantini. 2021. “Permasalahan Pola Asuh Dalam Mendidik Anak Di Era Digital.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3): 1965–75.

Darsi, and Oki Mitra. 2022. “Pedoman Etika Dan Adab Menuntut Ilmu Dalam Islam.†4: 2556–60.

Ferly Ardhy, Gusnaedi Adam, Agustinus Eko Setiawan, Anti Aisyah. 2022. “Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Android.†(1).

Gunawan, Rahmat, Tomi Hendri Prastyawan, and Yudin Wahyudin. 2022. “‘Rancang Bangun Game Edukasi Perhitungan Dasar Matematika Sekolah Dasar Kelas 3 , 4 Dan 5 Mengunakan Construct 2.’ 17.†17.

Herawati, Herawati, Nurkur’ani Nurkur’ani, and Hermanto Hermanto. 2020. “Internalisasi Nilai Adab Rasulullah Saw Sebagai Pangkal Dari Ilmu Pengetahuan Dalam Mendidik Anak Sejak Usia Dini.†Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan 9(2): 83.

Masykur. 2022. “Pendidikan Adab Sebagai Dasar Pendidikan Keluarga (Studi Tafsir Qs. Al-Tahrim [66]: 6).†Jurnal Studi keislaman 3(1): 32–50.

O’Donnell, Carol L. 2008. “Defining, Conceptualizing, and Measuring Fidelity of Implementation and Its Relationship to Outcomes in K-12 Curriculum Intervention Research.†Review of Educational Research 78(1): 33–84.

Sussolaikah, K., Andria, A., & Laksono, R. D. (2023, November). Kustomisasi Moodle Sebagai Game Edukasi Interaktif Dalam Menumbuhkan Kesadaran Keamanan Siber Pada Murid SD Dan Smp. In PROSIDING SNAPMA (Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNIPMA) (Vol. 1, pp. 21-28).

Suyitno et al. 2020. “Influence of Educational Games on Children’s Intelligence.†International Journal of Advanced Science and Technology 29(4): 1646–52.

W Sulaiman. 2022. “Implementasi Landasan Pengembangan Kurikulum MAN 1 Aceh Tamiang.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2): 2697–2703.

Downloads

Published

29-02-2024