Aplikasi Kuis Pembelajaran Tata Bahasa dan Kosa Kata Bahasa Perancis DELF Level A1 Berbasis Android
Abstract
Ujian DELF merupakan salah satu ujian yang dapat diikuti siapa pun untuk memperoleh sertifikasi tingkat kefasihan dalam berbahasa Perancis. Namun, untuk mengikuti ujian ini, peserta wajib memiliki pengetahuan tata bahasa dan kosa kata untuk dapat berkomunikasi saat diuji. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pengguna yang ingin mempelajari Bahasa Perancis secara otodidak menggunakan aplikasi android. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka untuk pengumpulan data serta metode pengembangan perangkat lunak Waterfall. Peneliti menggunakan bahasa pemrograman Javascript dengan tools Visual Studio Code dan node.js untuk membuat aplikasi kuis tersebut. Hasil dari penelitian ini membantu pengguna mengingat klasifikasi kata dalam bahasa Perancis, mengingat aturan tata bahasa Perancis, belajar pengucapan kata-kata bahasa Perancis dengan lebih mudah melalui aplikasi, fitur kuis pada aplikasi dapat membantu pengguna untuk mengingat penulisan kosa kata bahasa Perancis, juga dapat mempelajarai materi ujian DELF dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia serta pengguna dapat memaksimalkan pembelajaran materi bahasa Perancis dan mengerjakan kuis menggunakan smartphone Android.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azis, N. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 4(3), 1–5. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/815
DELF-DALF. (n.d.). Sahkan kemampuan bahasa Prancis Anda dengan DELF-DALF! Institut Français Indonésie. https://www.ifi-id.com/delf-dalf#/
Fernández-Vítores, D. (2014). Spanish in the United Nations System. Informes Del Observatorio / Observatorio Reports. https://doi.org/10.15427/OR004-10/2014EN
Haqiqi, R. (2016). Fiturdankonten Aplikasi Dalamponsel Pintar Penunjang Pembelajaran Bahasa Prancis. https://lib.unnes.ac.id/29768/%0Ahttp://lib.unnes.ac.id/29768/1/2301412031.PDF
Hariadi, B. dan Ulfa, D. D. . (2010). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Perancis Berbantuan Komputer dengan Metode Accelerated Learning. Prosiding. SNASTI-OSIT, 79–84.
Hasanah, F. (2017). Srategi Belajar Efektif Bagi Pembelajar Pemula Bahasa Perancis Di Madrasah Aliyah Negeri Model Babakan Ciwaringin Majalengka-Cirebon. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(3), 200–203.
M. Szmigiera. (n.d.). The most spoken languages worldwide in 2022. https://www.statista.com/statistics/266808/the-most-spoken-languages-worldwide/
Mahriyuni. (2020). Pembelajaran Bahasa Prancis Berbasis CECR dalam Konteks Plurilinguaisme Bagi Guru dan Siswa SMA. 5(September), 42–44.
Muliyani, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk membantu siswa mengkonjugasikan kata kerja bahasa prancis SMA kelas bahasa. Semarang Jurusan BSA. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=80484&pRegionCode=UNES&pClientId=634
Octaviana, I. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Perancis Dengan Pengenalan Suara Otomatis Berbasis Android [Universitas Brawijaya Malang]. https://123dok.com/document/y6254ggz-rancang-bangun-aplikasi-pembelajaran-bah.html
Raharjo, B. (2019). Pemrograman Web dengan Node.js dan Javascript. Penerbit Informatika.
Rakhmat, S., Mutiarsih, Y., & Darmawangsa, D. (2015). Pembelajaran Pelafalan Bahasa Perancis Melalui Model Artikulatoris Pengembangan (Map) Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 92. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v15i1.802
Rosa. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak (Revisi). Penerbit Informatika.
Rosita, D., & Rini, S. (2021). Project Based Learning dalam Belajar Bahasa Prancis. 1, 223–240. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/31590
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Metode Kuis Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 63–72. https://core.ac.uk/download/pdf/267822151.pdf
Article Metrics
Abstract has been read : 635 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v6i1.13479
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By.
E-mail : doubleclick@unipma.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.