Implementasi Media Promosi Radio Tidar FM Magelang Berbasis Multimedia

Authors

  • Kanafi Kanafi STMIK Bina Patria
  • Tri Yusnanto STMIK Bina Patria
  • Karindra Triwulandari STMIK Bina Patria

DOI:

https://doi.org/10.25273/doubleclick.v5i2.10808

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun media promosi Radio Tidar FM Magelang berbasis multimedia, khususnya dalam produk periklanannya. Metode yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Tahap pada metode MDLC adalah concept, design, material collecting, assembling, testing, dan distribution. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu observasi, wawancara, dokumen. Kemudian data dari permasalahan tersebut dianalisis menggunakan SWOT (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Servis). Perancangan sistem menggunakan Flowchart Program, kemudian diimplementasikan dengan Adobe Flash CS 6. Hasil penelitian ini adalah telah berhasil dibuat Media Promosi Radio Tidar FM Magelang Berbasis Multimedia.

 

Kata kunci: Media Promosi, Multimedia, Radio Tidar FM Magelang, MDLC


Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A, & Ashar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Bastomi, M. (2019). Perancangan Video Company Profile Hotel Gunawangsa Manyar Berbasis Multimedia Sebagai Media Promosi. Edisi skripsi Fakultas Teknologi dan Informatika STIKOM Surabaya.

Bahrori, A., & Priyatno, S. (2017). Perancangan Advergame Sebagai Media Promosi Gudeg Yu Djum Berbasis Flash. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), 4. Beane, A. (2012). 3D Animation Essential. New Jersey: John Wiley & Sons Andi Suja Budiman, 1995 : 5

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Darmawan, Den. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dzikriani, D. J., & Khabibah, U. (2019). Perancangan Video Iklan Berbasis Multimedia Marketing Di Media Sosial Youtube Dengan Menggunakan Sony Vegas 13.0 Dan Adobe After Effect Cc Sebagai Media Promosi Di Bvgil Gelato And Friend Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 390–393.

Fatimah, K. (2020). Perancangan Company Profile Sebagai Media Promosi Cv. Barotek. IKONIK: Jurnal Seni Dan Desain, 2(1), 13–20.

Gagne, R. M. (1975). Principles Of Instructional Design. New York: Halt, Rinehart and Winston.

Ichsan, F. (2018). Pembuatan Iklan Promosi Pakaian Muslim Berbasis Multimedia. Disertasi doctor, tidar diterbitkan, Universitas Syiah Kuala.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. (Alih bahasa Benyamin Molan).Jilid 1. Jakarta: PT. INDEKS. (Buku asli diterbitkan tahun 2003).

Kotler, Philip, (2000), Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jakarta, Prehallindo.

O’Guinn, T., Allen, C., SemenikR., Scheinbaum A. C. (2009), Advertising & Integrated Brand Promotion, Boston, US: Cengage Learning

Pujiyanto. (2005). Desain Grafis Komputer-Teori Grafis Komputer Yogyakarta: ANDI.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Setiawan, Agus Tinus & Permadani, R. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Welasasih Ambarawa. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), Vol 7, 2016.

Sunyoto, A, (2010). Adobe Flash + XML = Rich Multimedia Application. Yogyakarta: Andi Offset.

Suryani, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Bagi Radio Mersi 93.9 Fm. Jurnal Komunikasi, 11(1), 67-76. doi:https://doi.org/10.31294/jkom.v11i1.7886

Vaughan, T. (2004). Multimedia: Making It Work. Edisi IV. McGraw-Hill Companies, Inc.

Downloads

Published

27-02-2022