PELATIHAN MICROSOFT OFFICE 365 DAN MICROSOFT TEAMS UNTUK MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Elly Astuti, Supri Wahyudi Utomo

Abstract


Pembelajaran jarak jauh merupakan suatu kewajiban dalam masa pendemi covid 19. Guru ataupun pendidik lain dalam ruang lingkup yang lebih luas mulai mempertimbangkan penggunaan teknologi pembelajaran secara daring. Keseimbangan antara biaya dan manfaat tentu menjadi fokus utama, di samping komitmen lembaga pendidikannya untuk pemanfaatan teknologi pembelajaran daring tersebut. Microsoft merupakan salah satu perusahaan teknologi yang menawarkan aplikasi pembelajaran terintegrasi dalam Microsoft Classroom yang mengkombinasikan Microsoft Teams dengan Microsoft Office 365 Online. Semua aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan secara gratis dengan syarat lembaga pendidikan memiliki website resmi pendidikan dengan domain ac.id ataupun sch.id. Namun demikian fasilitas ini belum diketahui secara luas oleh lingkungan akademisi di Indonesia. Untuk itu perlu dilakukan pengabdian untuk memperkenalkan aplikasi ini guna mendukung program pembelajaran jarak jauh yang semakin berkualitas.  Metode pelatihan dilakukan dengan demonstrasi dan penugasan mandiri terstruktur dengan jumlah peserta 98 dengan afiliasi institusi yang beragam. Hampir semua peserta merupakan pendidik dari jenjang TK sampai Perguruan Tinggi. Adapun analisis berdasarkan domisili institusi afiliasi, peserta pelatihan ini tersebar dari berbagai wilayah di Indonesia. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa antusiasme peserta sangat tinggi terbukti dari pengerjaan tugas terstruktur secara mandiri dengan baik. Hasil rekap kuisioner menunjukkan bahwa peserta sangat tertarik dan merekomendasikan untuk pemanfaatan aplikasi Microsoft 365 pada institusinya

Keywords


Pembelajaran Daring; Kolaborasi; Teknologi Pendidikan; Kelas Virtual

Full Text:

PDF

References


Amirullah, G., & Maesaroh, M. (2020). Pelatihan Pengembangan Kelas Digital Berbasis Microsoft 365 Di Sekolah Muhammadiyah DKI Jakarta. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 223–227. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.932

Astuti, E., & Utomo, S. W. (2021). Pendampingan Pemanfaatan ICT Dalam Lomba Kompetensi Siswa SMK. D’edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–29. https://doi.org/10.25273/dedukasi.v1i1.9583

Awaru, A. O. T., Syam, A., Rahman, A., Torro, S., Zulkifli, Ferdiansyah, E., & Khatimah, A. K. (2021). Workshop Edukasi Microsoft Office 365 dalam Upaya Optimalisasi Pembelajaran Daring di Masa Pendemi COVID-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 478–490. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4078

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Dahalan, N., Hassan, H., & Atan, H. (2012). Student Engagement in Online Learning : Learners Attitude Toward E-Mentoring. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 67(November 2011), 464–475. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.351

Fatikasari, N., Hidayah, M. N., Wardana, M. N. M., & Sofie, P. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Berbasis Microsoft 365 Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di SMKN 2 Kediri. Prosiding Nation Seminar on Accounting, Finance and Economics (NSAFE). http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/view/861

Gunasinghe, A., Hamid, J. A., Khatibi, A., & Azam, S. F. (2019). Academicians’ Acceptance of Online Learning Environments: A Review of Information System Theories and Models. Global Journal of Computer Science and Technology, 19(1), 31–39. https://doi.org/10.34257/gjcsthvol19is1pg31

Hermawati, E., Eliyanti, M., & Setiawan, A. (2020). Effect of The Use of Interactive Multimedia Learning Media on Student Learning Outcomes (Quasi-Experimental Study on Theme Subtema 2 of Grade IV Science Content in Lebakwangi Elementary School 2, Kuningan District). International Conference on Elementary Education, 2(1), 1428–1434.

Iasha, V., Rachmadtullah, R., Sudrajat, A., & Hartanti, D. (2019). The Impact Interactive Learning Media on The Learning Outcomes of Fifth Grade Social Science Knowledge in Elementary Schools. ICTES, December 2018. https://doi.org/10.4108/eai.21-11-2018.2282120

Kartini, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Teams dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SMAN 18 Surabaya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 328–341. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/japendi.v2i2.96

Ke, F., & Kwak, D. (2013). Computers & Education Online learning Across Ethnicity And Age : A Study On Learning Interaction Participation, Perception, And Learning Satisfaction. Computers & Education, 61, 43–51. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.09.003

Khan, T., Kend, M., & Robertson, S. (2016). Use Of Social Media By University Accounting Students And Its Impact On Learning Outcomes. Accounting Education, 25(6), 534–567. https://doi.org/10.1080/09639284.2016.1230880

Larasati, D. A., & Yuanta, F. (2021). Efektivitas Media Microsoft 365: Sway terhadap High Order Thinking Skill dalam Pembelajaran Daring di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 5(3), 5397–5404. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1568

Lin, L., Mills, L. A., & Ifenthaler, D. (2016). Collaboration, Multi-Tasking And Problem Solving Performance In Shared Virtual Spaces. Journal of Computing in Higher Education, 28(3), 344–357. https://doi.org/10.1007/s12528-016-9117-x

Mahmud, N. (2020). Media Role of Learning on The Improvement of Learning Outcomes in Concept Distribution in Math Class IV ( Classroom Action Research in class IV Sekolah Dasar Inpres Daeo ). International Journa L Of Education , Information Technology And Others (IJEIT), 3(1), 165–170. https://doi.org/10.5281/zenodo.3759987

Reimers, F., & Schleicher, A. (2020). A Framework To Guide An Education Response To The COVID-19 Pandemic. Oecd, 227–268. https://doi.org/10.3102/00346543066003227

Rotar, O. (2018). Adult Learners In Online Higher Education: The Complexity Of Students’ Transitional Experiences Of Becoming A Distance Learner. In A. Tawell, K. Davison, F. Faitaki, & Y. I. Oldaç (Eds.), Technology Matters: STORIES 2018 Proceedings (pp. 30–43). University of Oxford.

Sawitri, & Icchanti, K. (2021). Implementasi Office 365 Sebagai Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID 19 di SMK Muhammadiyah Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 67–72. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1215


Article Metrics

Abstract has been read : 63 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/dedukasi.v4i1.18678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is indexed by