PELATIHAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN APLIKASI BUKU KAS PADA PELAKU UMKM DI LAPAK KEMBULSARI KOTA MADIUN

Nurul Lailatul Sakdiah, F Anif Farida

Abstract


Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak signifikan pada sektor ekonomi, termasuk UMKM. Pemerintah Kota Madiun membangun 27 lapak UMKM sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun, para pelaku UMKM masih kurang memahami pentingnya pelaporan keuangan. Pelaporan keuangan memiliki manfaat yang signifikan dalam mengelola keuangan, melacak pendapatan dan biaya, serta mengevaluasi perkembangan usaha. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi dan pelatihan laporan keuangan sederhana. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih pelaku UMKM di Lapak Kembulsari Kelurahan Sukosari menggunakan Aplikasi Buku Kas. Hasil pelatihan menunjukkan antusiasme peserta dan kemudahan dalam menggunakan aplikasi. Pelatihan ini diharapkan meningkatkan pemahaman dan praktik pelaporan keuangan serta membantu pelaku UMKM dalam mengelola keuangan dan mengambil keputusan yang lebih cerdas.


Keywords


Pelatihan; Laporan Keuangan Sederhana; Aplikasi Buku Kas; UMKM

Full Text:

PDF

References


Fadhilah, N. A., Putra, P., Rahmawati, R., & Basri, H. (2021). Optimalisasi UMKM Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Devosi, 2(2), 26-30.

Manehat, B. Y., & Sanda, F. O. (2022). Meninjau Penerapan SAK EMKM Pada UMKM Di Indonesia. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(1), 2-11.

IAI Global. (2020). SAK EMKM: Literasi Akuntansi untuk UMKM di Indonesia. Diambil dari https://web.iaiglobal.or.id/Berita-IAI/detail/sak-emkm-literasi-akuntansi-untuk-umkm-di-indonesia


Article Metrics

Abstract has been read : 166 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/dedukasi.v3i1.16417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is indexed by