Relevansi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Pendidikan Moral
DOI:
https://doi.org/10.25273/citizenship.v9i2.2371Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan relevansi nilai kearifan lokal sebagai pendidikan moral. Pendidikan moral bertujuan untuk membentuk perilaku moral yang baik. Perilaku moral yang baik dapat diajarkan dan dibiasakan dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dalam lingkungan sekolah dapat diajarkan melalui matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pendidikan moral. Untuk dapat membentuk perilaku moral yang baik, peserta didik bukan hanya harus memahami mengenai konsep moral, namun harus mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pendidikan moral harus mengutamakan ketiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Dalam penelitian ini menggunakan metode literatur review. Penelti mengidentifikasi, mengevluasi dan menyajikan temuan dari berbagi studi penelitian. Peneliti mereview literatur mengenai pendidikan moral dan nilai kearifan lokal secara mendalam.
Hasil dari penelitian ini adalah nilai kearifan lokal sangat relevan untuk diintegrasikan dalam pendidikan moral. Pembiasaan moral yang baik dan pengambilan keputusan moral dapat berpedoman pada nilai kearifan lokal. Peserta didik membutuhkan contoh moral yang nyata sesuai kondisi lingkungannya. Dengan demikian pendidikan moral berbeda di setiap daerah, disesuaikan dengan nilai kearifan lokal daerah tersebut yang dapat diambil dari budaya daerah maupun cerita rakyat daerah tersebut.
Downloads
References
Hidayat, Ujang Syarip. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sunda. Budhi Mulia. Sukabumi.
Yunus, Rasid. 2012. Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Local Genius) Sebagai Penguat Karakter Bangsa. Deepublish. Yogyakarta.
Nasruddin, dkk. 2011. Buku Kearifan Lokal di Tengah Modernisasi. Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia: Jakarta
Syarbini, Amirulloh. 2014. Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Sri, S. 2019. Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Budaya Lokal dalam Keluarga di Era Global. Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi. 3(1): 68-71.
Naela, K. 2018. Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 1(1): 48-53.
Fatimah, I. 2012. Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKn dan Pendidikan Agama. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 12(2): 338-347.
Novia, W. 2013. Pembelajaran Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sebagai Penguat Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Informal. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(1): 56- 66.
Maria, P. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Lingkungan Keluarga. Universitas Flores.
Rinitami, N. 2018. Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Edisi Jurnal Gema Keadilan. 5(1): 16-30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Citizenship Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Citizenship.
Citizenship has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.Â
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Siska Diana Sari, S.H M.H
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : citizenship@unipma.ac.idÂ
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â