Pengaruh Penggunaan Aplikasi Whatsapp Group terhadap Peningkatan Pengetahuan Kewarganegaraan Mahasiswa pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Novitasari Novitasari, Sukron Mazid, Sukron Mazid, Yasnanto Yasnanto, Yasnanto Yasnanto, Nida Alifia, Nida Alifia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh Penggunaan Aplikasi Whatsapp Group terhadap Peningkatan Civic Knowledge Mahasiswa pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen khususnya Quasi Eksperimen dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Desain. Penelitian Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang berupa soal untuk test yang dicek akurasinya dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan menghitung statistic formula koefisien korelasi product-moment Pearson dan analisis Alpha Crochbach dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan Uji Walcoxon untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Whatsapp Group berpengaruh terhadap peningkatan civic knowledge mahasiswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Full Text:

PDF

References


Jiwandono, I. S., Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Rosyidah, A. N. K., & Khair, B. N. (2021). Tantangan Proses Pembelajaran Era Adaptasi Baru di Jenjang Perguruan Tinggi. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(1).

Novitasari, N., Mazid, S., Nufus, A. B., & Yasnanto, Y. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap penilaian teman sejawat secara daring pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan di Universitas Tidar. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(1), 34-41.

Nuryatin, Sri. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran melalui E-Learing untuk Menghadapi Era New Normal. https://osf.io/nd72p/download

Setiawan, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 61-72.

Sulistyorini, L., & Anistyasari, Y. (2020). Studi Literatur Analisis Kelebihan dan Kekurangan LMS Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 171-181.

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan sosial media whatsapp pengaruhnya terhadap disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (Studi kasus di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 1-22.

Whatsapp.com. (2021). Fitur Whasapp. https://www.whatsapp.com/features diakses pada 24 November 2021.

Winarso, Bambang. (2015). Apa itu Whatsapp, Sejarah dan Fitur-Fitur Unggulannya? https://dailysocial.id/post/apa-itu-whatsapp diakses pada 24 November 2021.


Article Metrics

Abstract has been read : 400 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v10i1.14300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.