ANALISIS EKTRAKULIKULER SENI TRADISIONAL REOG TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF SISWA SMA NEGERI 2 KABUPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Eka Kistiasari

Abstract


ekolah wajib mengadakan ekstrakulikuler yang bertujuan untuk pengembangan pendidikan seutuhnya.Salah satunya dengan ekstrakulikuler reog. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ektrakulikuler seni tradisional reog di SMAN 2 Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015, pembentukan karakter kreatif siswa SMAN 2 Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015, dan pengaruh kegiatan ektrakulikuler seni tradisional reog terhadap pembentukan karakter kreatif siswa kelas X dan XI yang mengikuti ekstrakurikuler seni tradisional reog di SMAN 2 Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Yang menjadi informan adalah guru seni budaya, guru konselor/ pelatih ekstrakurikuler reog, guru BK, wakasek kesiswaan, siswa kelas X dan XI serta kepala sekolah yang membuat kebijakan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Data dianalisis dengan reduksi data, penarikan simpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ektrakulikuler seni tradisional reog di SMAN 2 Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015 sudah terlaksana dengan baik.Hal ini terbukti dengan adanya pelatihan seni tradisional reog secara rutin di sekolah yang dilaksanakan setiap Kamis. Pembentukan karakter kreatif siswa SMAN 2 Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015 sudah maksimal dengan kreativitas siswa dalam memodifikasi erakan reog. Pengaruh kegiatan ektrakulikuler seni tradisional reog terhadap pembentukan karakter kreatif siswa kelas X dan XI yang mengikuti ekstrakurikuler seni tradisional reog di SMAN 2 Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015 sangat berpengaruh tidak hanya prestasi akademis tetapi juga nonakademis. Prestasi itu terbukti dari banyaknya juara yang didapat dalam seni tradisional reog baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Keywords


Ekstrakurikuler; Reog; Kreatif

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 915 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v4i1.1088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.