POLA PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI PADA PONDOK PESANTREN DARUSSALAM MEKAR AGUNG DESA PUCANGANOM, KECAMATAN KEBONSARI, KABUPATEN MADIUN TAHUN 2015

Dadang Setyawan

Abstract


Pola pembentukan karakter mandiri saat ini merupakan hal yang sangat penting untuk anak-anak sebagai calon penerus bangsa. Pada pondok pesantren, saat santri masuk sudah dikenalkan dengan kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembentukan karakter mandiri pada pondok pesantren Darussalam Mekar Agung di Desa Pucanganom, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun.Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darussalam Mekar Agung Desa Pucanganom, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun selama empat bulan, yaitu Maret sampai Juni 2015. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Darussalam Mekar Agung sangat berperan dalam pembentukan karakter mandiri santri. Hal ini ditunjukkan dengan berjalannya kegiatan para santri yang semuanya dikerjakan sendiri tanpa bantuan dari orang tua. Selain itu, didukung dengan ketatnya aturan pondok pesantren yang menambah terbentuknya karakter mandiri pada santri.

Keywords


Karakter; Mandiri; Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 888 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v4i1.1087

Refbacks



Copyright (c) 2017 Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.