BLUE OCEAN STRATEGY: PENGEMBANGAN ORGANISASI KEAGAMAAN DENGAN PENDEKATAN KANVAS MODEL BISNIS
DOI:
https://doi.org/10.25273/capital.v8i2.21308Keywords:
Blue Ocean Strategy; Kanvas Model Bisnis; Organisasi; PengembanganAbstract
Perkembangan adalah ciri organisasi yang baik. Salah satu organisasi yang menarik untuk diteliti ketika berbicara mengenai pengembangan adalah seminari atau tempat pembinaan calon pemimpin organisasi keagamaan Katolik. Dalam rangka menemukan jawaban terkait dengan pengembangan metode pembinaan di seminari, peneliti melakukan penelitian di salah satu seminari di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan metode pembinaan calon pemimpim organisasi keagamaan Katolik yang tepat. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, peneliti pertama-tama membuat pemetaan metode pembinaan saat ini berdasarkan adaptasi Kanvas Model Bisnis (KMB). Kemudian, peneliti memberikan alternatif metode pembinaan yang telah dikembangkan berdasarkan Blue Ocean Strategy. Data dikumpulkan melalui Focus Group Discussion. Peneliti mengumpulkan data dari 2 (dua) imam dan 13 (tiga belas) calon pemimpin organisasi keagamaan Katolik. Data penelitian yang diperoleh dikelompokkan berdasarkan blok dalam KMB lalu dianalisis guna merekomendasi metode pengembangan organisasi yang tepat dan lengkap. Peneliti menemukan bahwa metode pembinaan dapat terpetakan ke dalam sembilan (9) blok KMB. Metode pembinaan tersebut dapat dikembangkan dengan Blue Ocean Strategy, yakni dengan menghilangkan, mengurangi, meningkatkan, atau menciptakan hal-hal yang membentuk metode pembinaan baru.
Downloads
References
Alam, S., & Islam, M. (2017). Impact of Blue Ocean Strategy on Organizational Performance: A Literature Review Toward Implementation Logic. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 19(1), 1-19. DOI: https://doi.org/10.9790/487X-1901030119
Chaves, M. (2002). Religious Organizations. American Behavioral Scientist, 45(1), 1523 - 1549. Available online at https://doi.org/10.1177/0002764202045010005
Fitri, A.Z. (2021). Blue Ocean Strategy for Improving Quality and Competitiveness of Islamic Educational Environtment. Asian Social Science and Humanities Research Journal, 3(2), 17-27. DOI: https://doi.org/10.37698/ashrej.v3i2.75
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the CAPITAL: JURNAL EKONOMI DAN MANAJEMEN Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to CAPITAL
CAPITAL has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.