DETERMINAN MINAT BELI PADA UMKM KULINER MELALUI INFLUENCER MARKETING DAN CONTENT MARKETING

Authors

  • Saharuddin Saharuddin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar
  • Yusrab Ardianto Sabban Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar
  • Muhammad Fachmi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/capital.v8i2.21191

Keywords:

Pemengaruh Pemasaran; Pemasaran Konten; Kesadaran merek; Minat beli; UMKM kuliner.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Influencer Marketing dan Content Marketing terhadap minat beli konsumen pada UMKM kuliner, serta peran mediasi Brand Awareness dalam hubungan antara Influencer Marketing dan Content Marketing terhadap minat beli konsumen. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan lokasi penelitian di Provinsi Sulawesi Selatan. Populasi yang diteliti adalah konsumen UMKM kuliner di tiga wilayah yang merepresentasikan UMKM kuliner, yakni Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Kota Pare-Pare. Sampel penelitian terdiri dari 180 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan Path Analysis serta uji Sobel untuk menguji efek mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Influencer Marketing dan Content Marketing secara positif dan signifikan mempengaruhi Brand Awareness. Selain itu, Influencer Marketing, Content Marketing, dan Brand Awareness juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Temuan ini mengonfirmasi bahwa Brand Awareness memediasi pengaruh Influencer Marketing dan Content Marketing terhadap minat beli konsumen secara positif dan signifikan pada UMKM kuliner di Provinsi Sulawesi Selatan. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital, seperti Influencer Marketing dan Content Marketing, efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen melalui peningkatan Brand Awareness.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzhani, M. E., Pujianto, T., & Syahmurman, F. (2023). Pengaruh Content Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Yourgood the Effects of Instagram Social Media Marketing on Customer Buying Interest in Yourgood Business. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(2), 2074–2085.

Agustian, K., Hidayat, R., Zen, A., Sekarini, R. A., & Malik, A. J. (2023). The Influence of Influencer Marketing in Increasing Brand Awareness and Sales for SMEs. Technology and Society Perspectives (TACIT), 1(2), 68–78. https://doi.org/10.61100/tacit.v1i2.54

Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01), 49–61. https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i01.2243

Agustini, M. P., Komariah, K., & Mulia, F. (2022). Analysis Of Social Interaction Content Marketing And Influencer Marketing On Interest To Buy Cosmetic Products (Survey Of Dear Me Beauty Consumers In Sukabumi City). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(3), 1601–1610.

Ahmada, A. S., Arifin, R., & Normala, A. (2022). Pengaruh influencer marketing, brand image, product design, product quality terhadap purchase intention di masa pandemi Covid-19 (Studi kasus pada brand Erigo di Kota Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 11(01).

Chopra, A., Avhad, V., & Jaju, and S. (2021). Influencer marketing: An exploratory study to identify antecedents of consumer behavior of millennial. Business Perspectives and Research, 9(1), 77–91.

Das, S., Kundu, A., & Bhattacharya, A. (2020). Technology adaptation and survival of SMEs: A longitudinal study of developing countries. Technology Innovation Management Review, 10(6).

Fachmi, M., Hasmin, H., & Kurniawaty, K. (2024). Digital marketing produk UMKM khas daerah: membentuk persepsi autentik, persepsi nilai dan intensi membeli oleh-oleh khas daerah melalui media sosial. CV. Malik Rizki Amanah.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gumalang, R. F., Saerang, D. P. E., & Arie, F. V. (2022). The influence of content marketing, influencers and psychological factors on brand awareness of tiktok advertising. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 128–138.

Hasanah, U., & Giyartiningrum, E. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Endorsement Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Skin Care MS GLOW. Journal Competency of Business, 5(02), 155–172. https://doi.org/10.47200/jcob.v5i02.1100

Kamuri, K. J. (2021). Analisis Peran Digital Content Marketing Bagi Wirausaha Milenial Di Kota Kupang Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 225–238. https://doi.org/10.35508/jom.v14i2.4784

Lazuardi, M. I., & Kaihatu, T. S. (2021). Pengaruh Variasi Produk, Product Knowledge Dan Content Marketing Terhadap Minat Beli Butuhbaju. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 6(4).

Lee, H.-J., & Yun, Z.-S. (2015). Consumers’ perceptions of organic food attributes and cognitive and affective attitudes as determinants of their purchase intentions toward organic food. Food Quality and Preference, 39, 259–267.

Lu, L.-C., Chang, W.-P., & Chang, H.-H. (2014). Consumer attitudes toward blogger’s sponsored recommendations and purchase intention: The effect of sponsorship type, product type, and brand awareness. Computers in Human Behavior, 34, 258–266.

Lydda, J. E., Saerang, D., & Arie, F. V. (2023). the Influence of Product Placement and Influencer Marketing Towards Brand Awareness in Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 98–107. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45658

Nguyen, C., Nguyen, T., & Luu, V. (2022). Relationship between influencer marketing and purchase intention: focusing on Vietnamese gen Z consumers. Independent Journal of Management & Production, 13(2), 810–828.

Prasojo, A., & Aliami, S. (2024). Application of Content Marketing in Building Brand Awareness on Instagram. Journal of Management and Creative Business, 2(2).

Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1), 1&2.

Saima, & Khan, M. A. (2020). Effect of Social Media Influencer Marketing on Consumers’ Purchase Intention and the Mediating Role of Credibility. Journal of Promotion Management, 27(4), 503–523. https://doi.org/10.1080/10496491.2020.1851847

Sekar, K. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Produk Kimka Hijab Di Media Sosial Instagram. Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(6), 205–210. https://doi.org/10.61132/maeswara.v1i6.395

Subasinghe, U., & Weerasisri, R. A. S. (2019). The Impact of Digital Content Marketing on the Purchase Intention of Connected Consumers: A Study Based on Natural Ingredient- Based Personal Care Products. Sri Lanka Journal of Marketing, 5(1), 59–71. https://doi.org/10.4038/sljmuok.v5i1.39

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Wardana, A., Sulhaini, S., & Rinuastuti, B. H. (2022). The Effect of Content Marketing on Intention in Purchasing Fast Food: Mediated by Hygiene and Moderated by Health Risk Perceptions: Covid-19. International Journal of Social Science Research and Review, 5(3), 175–187. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i3.170

Warnaen, A., Solichah, J. M., & Prasetyo, H. (2023). Content Marketing Instagram untuk Membangun Brand Awareness Produk Susu. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 25(1), 17–27. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/AGRITECH/index.

Downloads

Published

2025-03-01

Issue

Section

Articles