ANALISIS RISIKO KEUANGAN DAN PROFITABILITAS EMITEN SEKTOR KESEHATAN DI BEI

Aam Aminah, Ambardi Ambardi

Abstract


Dalam setiap aktivitas bisnis selalu ada risiko. Salah satu risiko yang dihadapi perusahaan adalah risiko keuangan. Risiko keuangan adalah segala bentuk keputusan yang berkaitan dengan keuangan yang menimbulkan kerugian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis risiko perusahaan dari sisi risiko keuangan dan pengaruhnya terhadap profitabilitas emiten Kesehatan di BEI. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan model regresi data panel. Populasi penelitian ini adalah  emiten  sektor kesehatan  yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Kriteria yang dipilih dalam penentuan sampel adalah Emiten sektor kesehatan yang terdaftar di BEI sejak tahun 2019-2022, Emiten menyampaikan laporan keuangan 31 desember secara rutin selama  4 tahun. Variabel  independen dalam penelitian ini adalah Current Rasio (X1), Debt to Asset Ratio (X2). Variabel dependen yang digunakan dalam peneitian ini adalah Return On Asset (Y). Dalam peneltian ini dilakukan pengujian pemilihan model terlebih dahulu  dengan menggunakan uji chow dan uji Hausman. Chow Test dilakukan untuk membandingkan model mana yang terbaik antara Common Effect Model (CEM) dan Fixed Effect Model (FEM). Hasil temuan penelitian ini adalah Variabel liquiditas (CR) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas (ROA) emiten sektor kesehatan.di bursa efek Indonesia dan Variabel solvabilitas (DAR) juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ROA pada emiten sektor kesehatan di bursa efek indonesia.

 

Kata Kunci :  Risiko keuangan, Profitabilitas, Sektor Kesehatan


Keywords


Risiko Keuangan; Profitabilitas; Sektor Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Ambardi dan Aam Aminah. (2022). Financial Risk and Rating Invesment Grade Altman Study : Issuer of Food and Beverages. Home of Management and Bussiness Journal (HOMBIS). Universitas Muhammadiyah Gombong Vol. 1 No. 1 (2022).

Dela Nadia Alfiani (2022). Pengaruh current ratio dan debt to assets ratio terhadap return on assets. JURNAL MANAJEMEN. Universitas Mulawarman. Vol 14 No 1.

Gunawan, Imam. (2017). Pengantar Statistika Infenensial. Jakarta: Rajawali Pers

Hanafi, M. Mamduh dan Abdul Halim. (2018). Analisis Laporan Keuangan.

Yogyakarta :UPP STIM YKPN.

Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: PT Grasindo,

Intania Situmorang, (2023). Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) Tehadap Return on Asset (ROA) Pada Perusahaan Sub Sektor Advertising, Printing and Media yang Terdaftar di BEI Jurnal JUBIMA. Sekolah Tinggi Ekonomi Trianandra. Vol.1 No.1.

Julduha, N., dan Kusumawardhani, I. (2013). Pengaruh Net Profit Margin, Current Ratio, Debt To Asset Ratio Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Beta Saham Syariah Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index. Jurnal

Buletin Studi Ekonomi, Vol 18, No 2.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mardiyanto, H. (2009). Intisari Manajemen Keuangan: Teori, Soal, dan Jawaban. Jakarta Grasindo.

Niu, F. A. L., & Wokas, H. R. N. (2021). Analisis Komparasi Rasio Profitabilitas Bank BUMN Sebelum dan Saat Adanya Pandemi Covid-19 Tahun 2019-2020. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “Goodwill,” 12(2).

Prihadi, T. 2019. Analisis Laporan Keuangan : Konsep dan Aplikasi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Syifa Nurfianti, Retno Wulansari Pengaruh, (2021) Debt To Asset Ratio Dan Current Ratio Terhadap Return On Asset Pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Periode 2010-2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), Vol. 1, No.1

www.idx.co.id

Hariyanto (2022). https://ajaib.co.id/saham-kesehatan


Article Metrics

Abstract has been read : 680 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/capital.v7i1.16983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Capital is indexed by: