ANALISIS SWOT DAN PEMASARAN DIGITAL STRATEGI PENINGKATAN BISNIS UMKM KREMESAN AYAM CSP SNACK
DOI:
https://doi.org/10.25273/capital.v7i1.16242Keywords:
Analisis SWOT, Pemasaran Digital, Strategi Bisnis, UMKM.Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menganalisis mengenai strategi peningkatan bisnis pada UMKM Kremesan Ayam CSP Snack yang beralamat di Jalan Candiwinangun No.7, Sardonoharjo, Ngaglik Sleman, Yogyakarta. Objek penelitian ini berupa strategi peningkatan bisnis dengan melakukan analisis SWOT dan pemasaran digital. Selain analisis SWOT, peneliti juga melakukan analisa pemasaran digital untuk mengetahui keefektifan dan efesiensi pemasaran digital yang dilakukan oleh UMKM terhadap peningkatan penjualan. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dengan melakukan wawancara kepada UMKM Kremesan Ayam CSP Snack. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner dan studi literatur. Analisis data menggunakan analisis SWOT dengan melakukan perhitungan pada IFAS (Internal Factors Analysis Strategic) dan EFAS (Eksternal Factors Analysis Strategic). Hasil pada penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan hasil analisis SWOT ditemukan posisi UMKM Kremesan Ayam CSP Snack berada di kuadran satu dimana UMKM Kremesan Ayam CSP Snack sedang dalam kondisi bisnis progresif. Kondisi bisnis progresif berarti UMKM Kremesan Ayam CSP Snack sedang dalam kondisi menguntungkan karena mengalami peningkatan jumlah permintaan. Hal tersebut mengakibatkan meningkatkan kepercayaan konsumen akan keamanan produk dari segi kualitas makanan. Strategi yang diterapkan pada kondisi bisnis progresif adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).
Kata Kunci: Analisis SWOT, Pemasaran Digital, Strategi Bisnis, UMKM
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Elwisam, & Lestari, R. 2019. Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif Dan Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB). Vol. 4 No. 2. 2019.
Intassar Husena , Tamitha dan Fitria Mandarairab (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada UMKM Wizz Kitchen Aceh Barat). Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Volume 5 Nomor 2, 2021 ISSN : 2614-2147. http://jurnal.utu.ac.id/
Istiqomah dan Irsad Andriyanto. (2017). Analisis SWOT Dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus).DalamJurnal Bisnis dan Manajemen IslamVol. 5, No. 2,. https://journal.iainkudus.ac.id
Khrisna Wardhani, Anindya dan Romas, Arina Nuraliza (2021) . Analisis Strategi Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19. EXERO Journal of Research in Business and Economics Vol 04, No. 01, Mei 2021 e-ISSN 2655-1519, p-ISSN 2655-1527 https://e-journal.usd.ac.id/index.php/exero.
Nurmala , Tri Sinari dkk (2022). Usaha Kuliner Sebagai Penggerak UMKM Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Aksi Kepada Masyarakat.Vol.3 No. 1 Juli 2022. P-ISSN: 2774-2261 | E-ISSN: 2774 2253 https://ejournal.stebisigm.ac.id/
Raharja, Sam'un Jaja dan Sari Usih Natari (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4, No.1, April 2021, ISSN 2620-844X (online). http://jurnal.unpad.ac.id/kumawula
Ribek, P.K; Ni Luh G.P.P dan Widyawati, S.R. 2021. Strategi Keunggulan Bersaing Dengan Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Bean Sprouts Di Masa Pandemi Covid 19 Di Bali. Prosiding Webinar Nasional Peranan Perempuan/Ibu dalam Pemberdayaan Remaja di Masa Pandemi COVID-19, Universitas Mahasaraswati Denpasar 2021.
Sanjaya, Arwin, dkk (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL PLAKAT Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat ISSN: 2714-5239 (Online); ISSN: 2686-0686 (Print) Volume 3 No. 2 Juni 2021. https://e-journals.unmul.ac.id/
Tambunan, T.H. (2012) Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting, Jakarta: LP3ES
Trio Febriyantoro, Mohamad dan Debby Arisandi.(2018).Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD).Vol 1 No 2 Juli 2018. ISSN.2654-4236(online). https://ejournal.stiedewantara.ac.id.
Wicaksana, Indrajit(2021). Pengaruh Pemasaran Digital Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Usia Muda. Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol. 18 No. 01 Juni 2021. p-ISSN 1850-1048, e-ISSN 2654-9247. http://ejurnal.stieipwija.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Â
With the receipt of the article by the CAPITAL: JURNAL EKONOMI DAN MANAJEMEN Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to CAPITAL
CAPITAL has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.Â
Â
Â