STUDI EXPLANATORY OJEK ONLINE DI KOTA MALANG: STRATEGI BISNIS GRABBIKE UNTUK MENARIK KONSUMEN MAHASISWA

Ilham Mito Nugroho, Khofifatu Rohmah Adi, Agung Wiradimadja

Abstract


Abstract: Keberadaan transportasi online dapat memunculkan berbagai peluang usaha, salah satunya adalah jasa GrabBike. Untuk memasarkan jasanya, GrabBike menggunakan beberapa strategi pemasaran di antaranya adalah produksi, tempat, harga, pelayanan, dan promosi. Tujuan riset ini untuk memperoleh karakteristik mahasiswa pengguna jasa GrabBike, dan menganalisis ada atau tindaknya pengaruh harga, pelayanan, dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian jasa GrabBike oleh mahasiswa. Riset ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis explanatory research. Selanjutnya jumlah sampel ditentukan dengan rumus Isac Michel dan didapatkan sebanyak 138 responden. Teknik untuk mendapatkan data menggunakan kuesioner melalui metode penilaian skala Likert. Uji kelayakan instrumen yang dilaksanakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas serta uji asumsi klasik. Teknik untuk menganalisis yang dipakai dalam riset ini adalah analisis data deskriptif serta analisis regresi linear berganda. Hasil riset memaparkan karakteristik mahasiswa pengguna jasa GrabBike dapat dilihat dari jenis kelamin, tempat tinggal dan uang saku mereka per bulan. Sedangkan nilai hasil analisis yang didapatkan berupa nilai signifikansiharga (0,023), pelayanan (0,000), dan promosi (0,000). Berdasarkan hasil tersebut seluruh variabel memiliki nilai signifikansi < 0,05. Sehingga dapat dinyatakan secara parsial terdapat adanya pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Sedangkan hasil nilai pengujian simultan memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berati terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara variabel bebas secara simultan terhadap varibel terikat oleh mahasiswa di Kota Malang.


Keywords


Strategi bisnis; GrabBike; Keputusan Pembelian Jasa

Full Text:

PDF

References


Andreti, Junio, Nabila H Zhafira, Sheila S Akmal, dan Suresh Kumar. 2013. “The Analysis of Product, Price, Place, Promotion and Service Quality on Customers’ Buying Decision of Convenience Store: A Survey of Young Adult in Bekasi, West Java, Indonesia.” 2 (6): 7.

Dianti, Siti. 2018. “Pengaruh harga, Pelayanan, dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Angkutan Gojek pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.” Skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/37797/2/SITI%20DIANTI-FITK.pdf).

Hafidz, Irham. 2018. “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan PromosiTerhadap Keputusan Konsumen dalam Memilih Grab Bike di Kota Malang.” Malang: Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/12590/.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2008. Mananjemen Pemasaran. Vol. 2. Jakarta: Terjemahan Bob Sabran.

Leksono, Rafael Billy, dan Herwin Herwin. 2017. “PENGARUH HARGA DAN PROMOSI GRAB TERHADAP BRAND IMAGE YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PENGGUNA TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 2 (3): 381–90. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i3.72.

Makhfiyana, Imroatullayyin, dan Moh Mudzakkir. 2013. “RASIONALITAS PLAGIARISME DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNESA” 1 (3): 8.

Prasetyo, Deby Eko. 2020. “TANGGUNG JAWAB HUKUM TERHADAP PENGEMUDI TRANSPORTASI ONLINE JENIS GRAB TERHADAP PEMBEBANAN BIAYA TAMBAHAN TRANSAKSI TANPA IJIN PENUMPANG (Perspektif Hukum Perdata Dan Hukum Ekonomi Syariah).” Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/100160/DEBY%20EKO%20PRASETYO%20-%20150710101523-.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Prayoga, Thoriq Adi, Ari Subowo, dan Dyah Lituhayu. 2015. “KUALITAS PELAYANAN DALAM JASA TRANSPORTASI PUBLIK BUS RAPID TRANSIT (BRT) KOTA SEMARANG.” Journal of Public and Management Review 4 (4): 10.

Puspitosari, Popy. 2014. “Kajian Mobilitas Penduduk Sirkuler Di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.” Swara Bhumi e-Journal Pendidikan Geografi FIS Unesa 2 (1): 9.

Putriani, Okkie. 2017. “ANALISIS KARAKTERISTIK KONSUMEN ANGKUTAN BERBASIS ONLINE DI YOGYAKARTA.” Dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Kontruksi dalam Persaingan di Tingkat Global menuju Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan, 2:8. Universitas Tarumanagara. https://fcep.uii.ac.id/karya-ilmiah/MIFTAHUL%20FAUZIAH/Prosiding_KoNTekS_11_Kajian_Perbandingan_Karakteristik_Campuran_AC-BC_Menggunakan_Agregat_Batu_Pecah_Sukadana_Lampung%26Clereng_DIY_Miftahul_Fauziah.pdf.

Rifandi, Ahmad. 2017. “PILIHAN RASIONAL WANITA SEBAGAI ATLET PANJAT TEBING (STUDI KASUS WANITA YANG TERGABUNG DIDALAM FEDERASI PANJAT TEBING INDONESIA RIAU).” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 4 (2): 14.

Setiadi, Pradana, David P E Saerang, dan Treesje Runtu. 2014. “PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM PENENTUAN HARGA JUAL PADA CV. MINAHASA MANTAP PERKASA.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 14 (2): 12.

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Penghitungan Manual dan Apliksi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Soekanto, Soerjono. 2015. Sosiologi Suatu Pengantar. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: : RajaGrafindo Persada: PT Raja Grafindo Persada.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasan Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C. V Andi Offset.

Umeze, Gerald E, dan Susan B Ohen. 2015. “Marketing Mix Strategies and Entrepreneurial Competence: Evidence from Micro Restaurants in Calabar Metropolis, Cross River State, Nigeria.” Dalam Agriculture in an Interconnected Word, 29. Milan: Universita Degli. https://doi.org/10.22004/ag.econ.211928.

Wahyuni, Sri. 2014. “STUDI TENTANG MOBILITAS PENDUDUK DI KELURAHAN SEMPAJA SELATAN KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA.” eJournal Ilmu Pemerintahan 2 (1): 13.

Weenas, Jackson R S. 2013. “KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPRING BED COMFORTA.” Jurnal EMBA 1 (4): 12.

Wibowo, Fx Pudjo. 2018. “PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PERUSAHAAN PT. GOJEK INDONESIA (Studi Pada Pengguna Jasa Transportasi Online - Gojek Di Tangerang)” 11 (Juni): 15.

Wulantami, Ardina. 2018. “PILIHAN RASIONAL KEPUTUSAN PEREMPUAN SARJANA MENJADI IBU RUMAH TANGGA.” DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi 7 (1). https://doi.org/10.21831/dimensia.v7i1.21049.

Yunus, Hadi Sabari. 2009. Metode Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Article Metrics

Abstract has been read : 264 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/capital.v7i1.15518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Capital is indexed by: