MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PADA DEALER TDM KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.25273/capital.v6i1.13694Keywords:
CRM, Kepuasan, Loyalitas.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen hubungan pelanggan dan Kepuasan konsumen secara parsial dan simultan terhadap loyalitas konsumen pada Dealer Honda TDM Kota Bima, Populasi nya adalah pelanggan yang ada pada Dealer Honda TDM Kota Bima, sedangkan Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan tehnik accidental sampling , Teknik accidental sampling merupakan cara pengambilan sampel secara aksidental (accidental) dengan mengambil kasus atau responden yang kebetulan ada atau tersedia di suatu tempat sesuai dengan konteks penelitian, Penelitian menggunakan metode pengambilan sample menggunakan teori Ferdinand. Dan diperoleh sample sebanyak 100 responden. Uji hipotesis yang digunakan yaitu Uji Validitas,Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Regresi Linear berganda,Koefisien Korelasi, Uji Determinasi, Uji t dan Uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Hubungan Pelanggan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas konsumen  pada Dealer Honda TDM Kota Bima. 2)Terdapat pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen  pada Dealer Honda TDM  Kota Bima. 3) Terdapat Pengaruh Hubungan Pelanggan  dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen Pada Dealer Honda TDM Kota Bima.
Downloads
References
Agiesta, W., Sajidin, A., and Perwito. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ka Lokal Bandung Raya.†Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) 5(1): 1653.
Aini, T. N. 2020. “Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Komitmen Sebagai Variable Intervening.†Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) 1(2): 88–98.
Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Billah, A. M., Purnama, I. 2021. “Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen (Study Kasus Di Cafe Bee Ginning Kota Bima).†Jambura 4(2): 155–61.
Dewi, A. B. C, and Samuel, H. 2015. “Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Pada Pelanggan Sushi Tei Surabaya.†Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 3(1): 1–9.
Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).†Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 96.
Handayani, E. N., and Pratama, Y. E. 2019. “Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen.†Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 6(3).
IMelisa, I., Haryanti, I. 2020. “Pengaruh Hubungan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus PT. Krida Dinamika Autonusa Bima).†Journal of Business and Economics … 1(2): 139–44.
Ishak, A., and Luthfi, Z. 2011. “Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs.†Jurnal Siasat Bisnis 15(1): 55–66.
Kolonio, J., and Soepeno, D. 2019. “Pengaruh Service Quality , Trust , Dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pada CV. Sarana Marine Fiberglass.†Pengaruh Service Quality…. 831 Jurnal EMBA 7(1): 831–40.
Kotler, and Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: Erlangga.
Pradana, F. 2018. “Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta.†Jurnal Manajemen Bisnis 9(2): 193–212.
Putri, Y. L., and Utomo, H. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa).†Among Makarti 10(1): 70–90.
Sugiyono. 2016. Bandung: Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Tjiptono, F. 2016. “Service, Quality & Satisfaction.†In Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Â
With the receipt of the article by the CAPITAL: JURNAL EKONOMI DAN MANAJEMEN Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to CAPITAL
CAPITAL has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.Â
Â
Â