PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN PLAYFULNESS TERHADAP INTENTION TO USE PENGGUNA APLIKASI TIK TOK DI MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Nuning Kristiani STIE YKPN Yogyakarta
  • Shahnaz Wirenta Putri STIE YKPN Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/capital.v5i2.12021

Keywords:

Social media, Tik tok, Perceived usefulness, Perceived playfulness, Intention to use

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pengguna aplikasi Tik Tok dan bagaimana serta intensi penggunanya. Pengukuran perilaku yang digunakan adalah persepsi kegunaan (perceived usefulness) dan persepsi kesenangan (perceived  playfulness) sebagai varibel yang diduga mempengaruhi intention to use pengguna aplikasi Tik Tok sebagai varibel terikatnya. Penelitian yang dilakukan pada masa pandemi covid 19 ini menggunakan respoden sebanyak 160 orang yang didominasi oleh jenis kelamin wanita, berusia 17-25 tahun serta memiliki pekerjaan sebagai seorang pelajar. Hasil penelitian membuktikan bahwa perceived usefulness dan perceived  playfulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use pengguna aplikasi Tik Tok. Simpulan yang didapatkan dari studi ini adalah pengguna aplikasi Tik Tok merasakan manfaat serta mendapatkan perasaan senang dan gembira ketika menggunakannya. Sehingga pengguna aplikasi Tik Tok memiliki niat untuk menggunakan kembali aplikasi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-07

Issue

Section

Articles